PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA BERMUATAN KEARIFAN BUDAYA LOKAL MENGGUNAKAN MODEL SUGESTI-IMAJINASI DENGAN TEKNIK KERANGKA TULISAN PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 UNGARAN


Puspa Endah W. , 2101412119 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA BERMUATAN KEARIFAN BUDAYA LOKAL MENGGUNAKAN MODEL SUGESTI-IMAJINASI DENGAN TEKNIK KERANGKA TULISAN PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412119.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (506kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan diketahui bahwa keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Ungaran masih rendah. Hal ini disebabkan oleh tiga hal, yaitu pertama siswa kurang bersemamgat dalam mengikuti proses pembelajaran menulis naskah drama. Kedua siswa kesulitan dalam menemukan ide cerita yang akan ditulis dalam dialog-dialog drama. ketiga, siswa juga kesulitan dalam menuangkan ide atau gagasan ke dalam dialog-dialog drama. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah penelitian ini yaitu, 1) bagaimana proses pembelajaran menulis kreatif naskah drama bermuatan kearifan budaya lokal dengan menggunakan model sugesti-imajinasi dengan teknik kerangka tulisan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Ungaran, 2) bagaimana peningkatan kemampuan menulis drama siswa kelas VIII SMP Negeri Ungaran setelah mengikuti proses pembelajaran menulis kreatif naskah drama bermuatan kearifan budaya lokal dengan menggunakan model sugesti-imajinasi dengan teknik kerangka tulisan, 3) bagaiamana perubahan perilaku siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ungaran dalam mengikuti proses pembelajaran menulis kreatif naskah drama bermuatan kearifan budaya lokal dengan menggunakan model sugesti-imajinasi dengan teknik kerangka tulisan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Sugesti-Imajinasi, teknik kerangka tulisan, dan muatan kearifan lokal sebagai upaya peningkatan keterampilan menulis naskah drama pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Ungaran. Variabel penelitian ini yaitu keterampilan menulis naskah drama bermuatan kearifan budaya lokal, variabel penggunaan model Sugesti-Imajinasi, dan penggunaan kerangka tulisan. Instrumen penelitian berupa instrumen tes dan instrumen nontes. Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes dan nontes. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil pembelajaran menulis naskah drama bermuatan kearifan budaya lokal menggunakan model Sugesti-Imajinasi dengan teknik kerangka tulisan pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Ungaran mengalami perubahan yang baik. Pada siklus I dan siklus II proses pembelajaran berjalan cukup baik, dari kegiatan pendahuluan hingga penutup sudah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun. Suasana kelas pada saat pembelajaran menulis naskah drama berjalan lebih kondusif, baik, dan lancar. Sudah banyak siswa yang antusias memperhatikan dan memberi respon, menunjukkan sikap aktif, berpartisipasi dalam diskusi, dan menunjukkan rasa percaya diri dalam mempresentasikan hasil pekerjaan menulis naskah drama. Nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 76,25 masuk dalam kategori baik. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 87,63 dan masuk dalam ketegori sangat baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 11,38. Pemerolehan hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis naskah drama bermuatan kearifan budaya lokal menggunakan model Sugesti-Imajinasi dengan teknik kerangka tulisan pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Ungaran dapat dikatakan berhasil. Peningkatan nilai siswa dalam pembelajaran menulis naskah drama diikuti dengan perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih positif. Siswa menjadi lebih tertarik, lebih aktif, dan lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran menulis naskah drama bermauatan kearifan budaya lokal menggunakan model Sugesti-Imajinasi dengan teknik kerangka tulisan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru agar model Sugesti-Imajinasi dan teknik kerangka tulisan dengan naskah drama bermuatan kearifan budaya lokal dapat dijadikan alternatif untuk mengajarkan materi menulis naskah drama, maupun materi-materi lain yang serupa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis naskah drama,model Sugesti-Imajinasi, teknik kerangka tulisan, muatan kearifan budaya lokal
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2017 13:26
Last Modified: 27 Dec 2017 13:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28696

Actions (login required)

View Item View Item