PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS BERMUATAN KARAKTER PEDULI SOSIAL MELALUI TEKS BERTEMA FENOMENA SOSIAL REMAJA UNTUK SISWA KELAS XI SMA/SMK


Diah Puspitaningrum , 2101412116 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS BERMUATAN KARAKTER PEDULI SOSIAL MELALUI TEKS BERTEMA FENOMENA SOSIAL REMAJA UNTUK SISWA KELAS XI SMA/SMK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412116.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (593kB) | Preview

Abstract

Ketersediaan bahan ajar yang menunjang pembelajaran dan membantu siswa dalam keterampilan memproduksi teks eksplanasi kompleks di Kota Semarang masih terbatas. Selain itu buku teks pelajaran yang digunakan di sekolah masih belum secara lengkap tersaji untuk mendukung proses pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks. Teks eksplanasi kompleks yang menjelaskan suatu fenomena baik alam, budaya, maupun sosial, dihubungkan dengan kenyataan banyaknya fenomena-fenomena sosial remaja negatif yang terjadi di kalangan siswa SMA/SMK. Melalui teks eksplanasi kompleks, fenomena sosial remaja yang ada dijelaskan dan seperti apa sikap positif yang seharusnya ada sehingga dapat menguatkan sikap peduli sosial antarsesama. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini: 1) bagaimanakah karakteristik kebutuhan buku bahan ajar untuk siswa dan guru tentang memproduksi teks eksplanasi kompleks bermuatan karakter peduli sosial melalui teks bertema fenomena sosial remaja untuk siswa kelas XI SMA/SMK, 2) bagaimana prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar memproduksi teks eksplanasi kompleks bermuatan karakter peduli sosial melalui teks bertema fenomena sosial remaja untuk kelas XI SMA/SMK, 3) bagaimana prototipe buku bahan ajar memproduksi teks eksplanasi kompleks bermuatan karakter peduli sosial melalui teks fenomena sosial remaja untuk siswa kelas XI SMA/SMK, 4) bagaimana penilaian pendidik dan ahli terhadap prototipe buku bahan ajar memproduksi teks eksplanasi kompleks bermuatan karakter peduli sosial melalui teks bertema fenomena sosial remaja untuk siswa kelas XI SMA/SMK, dan 5) bagaimana perbaikan produk bahan ajar memproduksi teks eksplanasi kompleks bermuatan karakter peduli sosial melalui teks bertema fenomena sosial remaja untuk siswa kelas XI SMA/SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang dilakukan dengan tahapan 1) survei pendahuluan; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi produk; dan 5) revisi dan perbaikan desain. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan angket untuk memeroleh data kebutuhan pengembangan bahan ajar dan penilaian prototipe bahan ajar. Adapun sumber data terdiri atas peserta didik, guru, dan dosen ahli. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri atas pemaparan data dan simpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah. Pertama, hasil analisis kebutuhan peserta didik dan guru terhadap bahan ajar memproduksi teks eksplanasi kompleks bermuatan karakter peduli sosial melalui teks bertema fenomena sosial remaja menghasilkan karakteristik bahan ajar dan harapan terhadap bahan ajar menurut peserta didik dan guru yang diintegrasikan dengan muatan karakter peduli sosial untuk mengatasi ketersediaan buku yang mendukung keterampilan memproduksi teks eksplanasi kompleks. Selain itu untuk menguatkan kembali sikap sosial positif remaja, mengingat banyaknya fenomena-fenomena sosial remaja negatif yang sedang banyak terjadi. Peserta didik dan guru menghendaki bahan ajar dengan penyajian materi yang lengkap dan runtut, bahasa yang mudah dipahami, serta desain grafika yang sesuai dengan perkembangan kejiwaan peseta didik SMA/SMK dengan memasukkan muatan karakter peduli sosial. Kedua, prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar. Aspek materi dikembangkan berdasarkan prinsip relevansi, kecukupan, adaptif, inovatif, dan rasional. Aspek penyajian materi dikembangkan berdasarkan prinsip atraktif, self contained, dan sistematis. Aspek bahasa dan keterbacaan dikembangkan berdasarkan prinsip komunikatif, adaptif, dan konsistensi. Aspek grafika dikembangkan berdasarkan prinsip adaptif dan relevansi. Aspek muatan dikembangkan berdasarkan prinsip adaptif dan relevansi. Ketiga, prototipe bahan ajar dikembangkan dengan tujuh bagian meliputi (1) bentuk fisik, (2) sampul buku, (3) petunjuk penggunaan buku, (4) materi teks eksplanasi kompleks, (5) contoh, (6) latihan, dan (7) materi pelengkap. Keempat, hasil penilaian terhadap prototipe bahan ajar yang dilakukan oleh guru dan ahli. Penilaian aspek isi/materi memeroleh hasil 82,29 dari guru dan 84,6 dari ahli. Pada aspek penyajian memeroleh hasil 76,67 dari guru dan 85 dari ahli. Pada aspek bahasa dan keterbacaan memeroleh hasil 75 dari guru dan 81,25 dari ahli. Pada aspek grafika memeroleh hasil 91,67 dari guru dan 73,61 dari ahli. Kelima, saran perbaikan guru dan ahli. Saran perbaikan dilakukan pada empat aspek, yaitu (1) sampul bahan ajar, (2) ilustrasi gambar dalam buku, (3) evaluasi, dan (4) penggunaan kalimat panjang. Adapun saran yang dapat direkomendasikan adalah bahan ajar memproduksi teks eksplanasi kompleks bermuatan karakter peduli sosial melalui teks bertema fenomena sosial remaja bisa digunakan secara maksimal dalam pembelajaran, bahan ajar yang disusun dapat dipelajari dengan mendalam untuk bisa meningkatkan keterampilan menulis, dan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan bahan ajar memproduksi teks eksplanasi kompleks bermuatan karakter peduli sosial melalui teks bertema fenomena sosial remaja untuk siswa kelas XI SMA/SMK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, teks eksplanasi kompleks, karakter peduli sosial, fenomena sosial remaja.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2017 13:08
Last Modified: 27 Dec 2017 13:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28693

Actions (login required)

View Item View Item