PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM KELAS (KELAS V SD NEGERI PLALANGAN 04 KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016)


Alfam Kusumawardana , 1301411085 (2016) PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM KELAS (KELAS V SD NEGERI PLALANGAN 04 KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411085.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (283kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasar pada fenomena di kelas V SD Negeri Plalangan 04 Gunungpati yang memiliki aktivitas belajar rendah berdasarkan hasil analisis Daftar Cek Masalah (DCM) pada siswa kelas V. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan penguasaan konten teknik mind mapping dan apakah layanan penguasaan konten teknik mind mapping berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu one group pre test-post test. Penelitian eksperimen adalah penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu. Penelitian ini dilaksanakan dengan delapan kali pemberian perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 34 siswa dan sampelnya menggunakan sampling jenuh sehingga jumlah subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V. Alat pengumpulan data menggunakan angket yaitu angket aktivitas belajar. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa layanan penguasaan konten teknik mind mapping mengalami peningkatan sebesar 18,69%. Rata-rata prosentase pada tiap indikator aktivitas belajar sebelum mendapatkan layanan penguasaan konten teknik mind mapping termasuk dalam kategori sedang, sedangkan setelah mendapatkan layanan penguasaan konten teknik mind mapping termasuk dalam kategori tinggi. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh pada aktivitas belajar siswa sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan berupa layanan penguasaan konten teknik mind mapping. Simpulan dari penelitian ini bahwa setelah diberikan perlakuan berupa layanan penguasaan konten teknik mind mapping terdapat peningkatan aktivitas belajar pada siswa kelas V SD Negeri Plalangan 04. Saran yang dapat diberikan hendaknya Kepala Sekolah memfasilitasi kebutuhan guru kelas dan siswa dalam proses belajar. Dengan demikian guru dapat lebih maksimal dalam memberikan materi pelajaran didalam kelas maupun diluar kelas sehingga siswa dapat lebih berperan aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, layanan penguasaan konten, mind mapping.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Dec 2017 13:17
Last Modified: 29 Dec 2017 13:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28668

Actions (login required)

View Item View Item