Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Media Film Animasi “Adit & Sopo Jarwo” dengan Teknik Example non-Example pada Siswa Kelas X.H SMA Negeri 8 Semarang
Septia Parwiyanti , 2101412046 (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Media Film Animasi “Adit & Sopo Jarwo” dengan Teknik Example non-Example pada Siswa Kelas X.H SMA Negeri 8 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (692kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran menulis cerpen kelas X.H SMA Negeri 8 Semarang menunjukkan hasil yang kurang maksimal. Hal ini terbukti dari nilai yang diperoleh siswa pada saat menulis cerpen masih di bawah standar ketuntasan minimal, yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh dua faktor yang berpengaruh, yaitu faktor guru dan faktor siswa. Dari sisi guru, ketika pembelajaran guru hanya memberikan penjelasan (ceramah) tentang materi cerpen dan memberikan contoh cerpen secara utuh. Siswa hanya mendengarkan dan mencatat materi yang disampaikan guru. Dari sisi siswa, siswa beranggapan bahwa menulis cerpen merupakan kegiatan yang sulit, menjenuhkan, dan hanya orang-orang hebat yang dapat menulis cerpen. Kesulitan tersebut tidak dijadikan tantangan bagi siswa untuk memahami dan menguasai pembelajaran menulis cerpen, tetapi menjadikan mereka malas, tidak tertarik, dan bahkan tidak termotivasi mengikuti pembelajaran menulis cerpen. Hal ini tentu berpengaruh pada tidak tercapainya tujuan pembelajaran yaitu siswa mampu menulis cerpen dengan baik. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengubah cara yang digunakan guru dalam pembelajaran. Salah satu langkah yang dapat digunakan guru sebagai alternatif dalam pembelajaran, yaitu menggunakan media film animasi “Adit & Sopo Jarwo” dan teknik example nonexample. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pembelajaran menulis cerpen menggunakan media film animasi “Adit & Sopo Jarwo” dengan teknik example nonexample pada siswa kelas X.H SMA Negeri 8 Semarang, (2) bagaimana perubahan perilaku sikap siswa kelas X.H SMA Negeri 8 Semarang setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen menggunakan media film animasi “Adit & Sopo Jarwo” dengan teknik example nonexample, (3) bagaimana peningkatan kemampuan menulis cerpen menggunakan media film animasi “Adit & Sopo Jarwo” dengan teknik example nonexample pada siswa kelas X.H SMA Negeri 8 Semarang, dan (4) bagaimana tanggapan siswa kelas X.H SMA Negeri 8 Semarang dalam pembelajaran menulis cerpen menggunakan media film animasi “Adit & Sopo Jarwo” dengan teknik example nonexample. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran siswa kelas X.H SMA Negeri 8 Semarang dalam menulis cerpen menggunakan media film animasi “Adit & Sopo Jarwo” dengan teknik example nonexample, (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas X.H SMA Negeri 8 Semarang dalam menulis cerpen setelah menggunakan media film animasi “Adit & Sopo Jarwo” dengan teknik example nonexample, (3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa X.H SMA Negeri 8 Semarang dalam menulis cerpen setelah menggunakan media film animasi “Adit & Sopo Jarwo” dengan teknik example nonexample, dan (4) mendeskripsikan tanggapan siswa kelas X.H SMA Negeri 8 Semarang dalam pembelajaran menulis cerpen menggunakan media film animasi “Adit & Sopo Jarwo” dengan teknik example nonexample. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menulis cerpen siswa kelas X.H SMA Negeri 8 Semarang yang berjumlah 36 siswa. Variabel yang diungkap dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis cerpen menggunakan media film animasi “Adit & Sopo Jarwo” dengan teknik example nonexample. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data berupa pedoman observasi, jurnal, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi foto. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menulis cerpen siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media film animasi “Adit & Sopo Jarwo” dengan teknik example nonexample telah mencapai hasil yang optimal. Hasil tes menulis cerpen pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 68,39. Setelah dilakukan tindakan siklus II diperoleh nilai rata-rata 77,11 atau meningkat sebesar 8,72 atau 12,75%. Hasil tes tersebut menunjukkan bahwa kemampuan menulis cerpen siswa telah mencapai hasil yang optimal. Hasil analisis data nontes juga menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa. Siswa merespon positif terhadap pembelajaran menulis cerpen menggunakan media film animasi “Adit & Sopo Jarwo” dengan teknik example nonexample yang mencakup kedisiplinan, tanggung jawab, kesungguhan, kerja sama, keaktifan, dan kepercayaan diri/keberanian siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan (1) guru bahasa Indonesia hendaknya menggunakan media film animasi “Adit & Sopo Jarwo” menggunakan teknik example noexample dalam pembelajaran menulis cerita pendek, karena teknik dan media ini mampu membuat siswa menjadi disiplin, tanggung jawab, sungguh-sungguh, dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, (2) siswa hendaknya dapat memanfaatkan media film animasi “Adit & Sopo Jarwo” dan teknik example nonexample selama mengikuti proses pembelajaran dengan baik serta dapat diterapkan pada pembelajaran lain. Siswa juga diharapkan dapat menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran dan selalu berlatih menulis terutama menulis cerita pendek, dan (3) bagi para peneliti di bidang pendidikan maupun bahasa dapat melakukan penelitian mengenai pembelajaran menulis cerita pendek dengan teknik pembelajaran yang berbeda. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan, yaitu menggunakan media film animasi “Adit & Sopo Jarwo” dengan teknik example nonexample, karena dengan penerapan media dan teknik ini dapat menciptakan suasana belajar yang lebih aktif dan lebih menarik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis cerpen, media film animasi “Adit & Sopo Jarwo”, dan teknik example nonexample. |
Subjects: | L Education > Special Education > Language and literature education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 21 Dec 2017 18:11 |
Last Modified: | 21 Dec 2017 18:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28653 |
Actions (login required)
View Item |