PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMPRODUKSI TEKS NEGOSIASI BERBASIS KESANTUNAN BERBAHASA UNTUK SISWA SMA KELAS X


Husniyatul Adibah Alwaliyah , 2101411175 (2016) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMPRODUKSI TEKS NEGOSIASI BERBASIS KESANTUNAN BERBAHASA UNTUK SISWA SMA KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411175.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (417kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia tidak terlepas dari aspek-aspek keterampilan berbahasa, yaitu berbicara, mendengar, menulis, dan membaca. Mengingat masih minimnya buku yang memuat mengenai keterampilan menulis teks negosiasi maka keterampilan menulis teks negosiasi dipilih sebagai fokus dalam mengembangkan buku pengayaan ini. Umumnya negosiasi merupakan sebuah keahlian berbicara. Oleh sebab itu, kehadiran buku pengayaan memproduksi teks negosiasi berbasis kesantunan berbahasa sangat sesuai dengan tuntutan kurikulum yang mengharuskan siswa untuk terampil menulis teks negosiasi serta memiliki karakter santun. Berdasarkan hasil observasi di SMA Kesatrian 1 Semarang, diketahui bahwa bahan ajar yang digunakan di sekolah kurang mendukung tingkat pemahaman siswa terhadap materi teks negosiasi. Diketahui pula bahwa buku pegangan yang digunakan oleh guru kurang mampu mengembangkan keterampilan memproduksi teks negosiasi siswa secara kreatif, menarik serta mengarahkan siswa untuk lebih santun dalam bertutur kata. Permasalahan penelitian ini meliputi (1) bagaimana kebutuhan pengembangan buku pengayaan memproduksi teks negosiasi berbasis kesantunan berbahasa menurut persepsi siswa dan guru, (2) prinsip-prinsip pengembangan, (3) prototipe buku pengayaan memproduksi teks negosiasi berbasis kesantunan berbahasa, dan (4) penilaian serta perbaikan terhadap prototipe. Tujuan penelitian ini, yakni (1) menganalisis kebutuhan pengembangan buku pengayaan memproduksi teks negosiasi berbasis kesantunan berbahasa menurut persepsi siswa dan guru, (2) memdeskripsikan prinsip-prinsip pengembangan, (3) menghasilkan prototipe buku pengayaan memproduksi teks negosiasi berbasis kesantunan berbahasa, dan (4) mendeskripsikan penilaian dan perbaikan terhadap prototipe. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan yang dilakukan dengan lima tahap, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji produk, dan (5) perbaikan produk akhir. Pengumpulan data kebutuhan pengembangan buku pengayaan memproduksi teks negosiasi berbasis kesantunan berbahasa dilakukan dengan menggunakan instrumen nontes yang berupa angket. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskrisptif kualitatif, yaitu pemaparan data dan simpulan data. Setelah pelaksanaan penelitian, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. (1) Karakteristik buku pengayaan yang sesuai adalah buku pengayaan yang memuat materi memproduksi teks negosiasi dan dilengkapi dengan muatan nilai kesantunan berbahasa. Dilengkapi dengan ilustrasi yang mendukung dan menggunakan ragam bahasa yang sesuai dengan tingkat pemahaman kognitif siswa. (2) Prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan terdiri atas kaidah isi/ materi, kaidah penyajian materi, kaidah bahasa serta keterbacaan, dan kaidah grafika. (3) Prototipe materi ajar dirancang sesuai dengan karakteristik dan prinsip pengembangan materi ajar. Secara umum prototipe materi ajar dikategorikan menjadi empat bagian meliputi (a) bentuk fisik, (b) sampul buku, (c) muatan isi, dan (d) struktur penyajian. Penilaian dan saran perbaikan diberikan oleh guru dan dosen ahli berdasarkan empat aspek utama dalam buku pengayaan. Aspek materi/isi memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,17 dengan kategori baik. Aspek penyajian materi mendapatkan nilai rata-rata 2,97 dengan kategori cukup baik. Aspek bahasa dan keterbacaan memperoleh nilai rata-rata 3,15 dengan kategori baik. Aspek grafika mendapatkan nilai rata-rata 3,09 dengan kategori baik. Dari keseluruhan aspek penilaian tersebut didapatkan nilai-nilai 3,10. Nilai tersebut termasuk kategori baik. Adapun saran perbaikan, yaitu 1) perbaikan sampul buku; 2) perbaikan sistematika dan kebahasaan yang digunakan; 3) penegasan aspek kesantunan berbahasa pada contoh; 4) perbaikan kalimat, tata tulis, ejaan dan tanda baca; 5) perbaikan ilustrasi gambar yang lebih variatif. Saran penelitian meliputi beberapa hal sebagai berikut. 1) Penggunaan buku pengayaan ini dapat lebih optimal apabila didukung dengan model pembelajaran yang variatif dan menyenangkan oleh guru. 2) Bagi pemerhati pendidikan, khususnya pendidikan menengah atas, hendaknya dapat bersinergi untuk mengadakan pengembangan terhadap buku pengayaan bahasa Indonesia pada materi-materi lainnya. 3) Perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan buku pengayaan memproduksi teks negosiasi berbasis kesantunan berbahasa dan juga untuk memperbaiki kualitas produk agar lebih sempurna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, memproduksi teks negosiasi, kesantunan berbahasa
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2017 12:47
Last Modified: 21 Dec 2017 12:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28614

Actions (login required)

View Item View Item