PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MODEL MAKE A MATCH DAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP SYAFI’IYAH TERPADU BANTARBOLANG KABUPATEN PEMALANG
Nur Lukman Chakim , 2101411166 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MODEL MAKE A MATCH DAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP SYAFI’IYAH TERPADU BANTARBOLANG KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (368kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dengan guru Bahasa dan Sastra Indonesia kelas VIII SMP Syafi’iyah Bantarbolang Kabupaten Pemalang diperoleh informasi bahwa keterampilan peserta didik dalam menulis teks berita masih rendah. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata yang hanya mencapai 61,42, sedangkan untuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP Syafi’iyah Bantarbolang sebesar 70. Dengan penerapan model pembelajaran Make A Match dan media audiovisual diharapkan mampu meningkatkan keterampilan menulis teks berita. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran, peningkatan keterampilan, dan perubahan perilaku peserta didik kelas VIII SMP Syafi’iyah Bantarbolang Kabupaten Pemalang dalam mengikuti pembelajaran keterampilan menulis teks berita menggunakan model Make A Match dengan media audiovisual. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menulis teks berita, peningkatan keterampilan, dan perubahan perilaku peserta didik kelas VIII SMP Syafi’iyah Bantarbolang dalam mengikuti pembelajaran keterampilan menulis teks berita dengan model Make A Match dan media audiovisual. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas melalui tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas proses perencanaan, tindakan observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks berita yang dilaksanakan pada peserta didik kelas VIII SMP Syafi’iyah Bantarbolang. Pada penelitian ini terdapat dua variabel yang digunakan yaitu keterampilan menulis teks berita dan model pembelajaran Make A Match dengan media audiovisual. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, setiap siklus memiliki tiga tahap yakni perencanaan, tindakan observasi, dan refleksi. Alat pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Proses pembelajaran keterampilan menulis teks berita dengan model Make A Match dan media audiovisual telah berjalan dengan intensif, kondusif, dan menyenangkan. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa pembelajaran keterampilan menulis teks berita dengan model Make A Match dan media audiovisual mengalami peningkatan. Hasil tes keterampilan menulis teks berita pada siklus I diperoleh nilai rata-rata klasikal sebesar 70,57 dengan ketuntasan sebesar 66,67% dan mengalami peningkatan sebesar 9,66 menjadi 80,23 dengan ketuntasan sebesar 100% pada siklus II. Peningkatan keterampilan menulis teks berita juga diikuti perubahan perilaku peserta didik ke arah yang lebih positif. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan nilai ketuntasan perilaku peserta didik pada tiap aspek, yang terdiri atas keseriusan, kepercayaan diri, kerjasama, kemandirian, dan respon positif peserta didik. Saran yang diberikan peneliti kepada guru bahasa dan sastra Indonesia adalah agar menerapkan model pembelajaran Make A Match dan media audiovisual sebagai alternatif pembelajaran. Bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian tentang keterampilan menulis teks berita hendaknya menggunakan model dan media lain yang lebih menarik dan variatif sehingga dapat dijadikan alternatif pembelajaran menulis teks berita dan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis teks berita, model make a match, media audiovisual |
Subjects: | L Education > Special Education > Language and literature education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 21 Dec 2017 12:34 |
Last Modified: | 21 Dec 2017 12:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28613 |
Actions (login required)
View Item |