PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO MEMPRODUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERTEMA MAKHLUK HIDUP DI BUMI


Bismo Prasetyo , 2101411159 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO MEMPRODUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERTEMA MAKHLUK HIDUP DI BUMI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411159.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (654kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran agar dapat merangsang pikiran, perasaan, minat, dan perhatian siswa sehingga terjadi proses interaksi antara guru dan siswa. Berdasarkan observasi di beberapa sekolah pada mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya materi memproduksi teks laporan hasil observasi masih belum optimal. Guru hanya menggunakan powerpoint dan buku yang disediakan oleh Kemendikbud. Kurangnya media dalam pembelajaran yang digunakan oleh guru, mengakibatkan siswa kurang memperhatikan materi yang diajarkan. Penelitian ini dirancang untuk menghasilkan media video untuk pembelajaran memproduksi teks laporan hasil observasi. Penelitian ini dilakukan dengan mengkaji tiga hal, yaitu (1) bagaimanakah karakteristik media video bertema “Makhluk Hidup di Bumi” untuk pembelajaran memproduksi teks laporan hasil observasi, (2) bagaimanakah prinsip-prinsip pengembangan media video memproduksi teks laporan hasil observasi bertema “Makhluk Hidup di Bumi”, (3) bagaimanakah prototipe media video memproduksi teks laporan hasil observasi bertema “Makhluk Hidup di Bumi”. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) memaparkan karakteristik media video untuk pembelajaran memproduksi teks laporan hasil observasi, (2) merumuskan prinsip-prinsip media video untuk pembelajaran memproduksi teks laporan hasil observasi, (3) menyusun media video memproduksi teks laporan hasil observasi bertema “Makhluk Hidup di Bumi”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan tahapan-tahapan (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) perbaikan desain. Sumber data penelitian ini yaitu 90 peserta didik di 3 sekolah jenjang SMA kelas X yang menggunakan kurikulum 2013 di kabupaten Semarang dan Kota Semarang. Adapun sekolah tersebut adalah SMA Negeri 1 Ungaran, SMA Negeri 5 Semarang, dan SMA Negeri 11 Semarang. Instrumen penelitian meliputi lembar wawancara, angket, dan lembar uji validasi. Analisis kebutuhan menggunakan angket dan wawancara kebutuhan dan validasi prototipe media pembelajaran menyusun teks cerpen menggunakan lembar uji validasi. Analisis data yang terkumpul dalam penelitian ini menggunakan teknik deskripsi kualitatif. Media video memproduksi teks laporan hasil observasi bertema “Makhluk Hidup di Bumi” memiliki dua karakteristik pokok yaitu karakteristik isi dan penyajian. Kaidah isi meliputi aspek materi, dan (2) aspek motivasi. Sementara itu, kaidah penyajian meliputi (1) animasi, (2) tampilan, (3) iringan musik, dan (4) pengemasan. Perbaikan yang dilakukan terhadap media video meliputi (1) pengklasifikasian informasi sesuai dengan struktur teks, (2) memperbanyak data yang dapat disesuaikan dengan struktur teks laporan hasil observasi. Pemberian saran perbaikan tersebut dimaksudkan agar ketika video ditayangkan, siswa yang berperan sebagai pengamat dapat mencatat data-data yang diperlukan untuk membuat sebuah paragraf sesuai dengan struktur teks laporan hasil observasi yang tepat. Saran yang direkomendasikan adalah (1) media video bertema “Makhluk Hidup di Bumi” untuk pembelajaran memproduksi teks laporan hasil observasi bagi siswa kelas X SMA hendaknya direkomendasikan untuk alternatif sebagai media pembelajaran memproduksi teks laporan hasil observasi untuk siswa kelas X. (2) hendaknya dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan media pembelajaran agar diperoleh teknik dan pendekatan baru dalam pembelajaran memproduksi teks laporan hasil observasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, video, memproduksi teks laporan hasil observasi.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2017 12:05
Last Modified: 21 Dec 2017 12:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28612

Actions (login required)

View Item View Item