HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DAN KONSEP DIRI TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOJONG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Widyawati Septiani , 1301411024 (2016) HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DAN KONSEP DIRI TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOJONG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (359kB) | Preview |
Abstract
Kecerdasan emosional adalah kemampuan mengenali perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotifasi diri sendiri dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungannya dengan orang lain.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perngaruh pola asuh demokratis dan konsep diri terhadap perkembangan kecerdasan emosional siswa. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bojong tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Prabability Sampling (Simple random sampling). Sampel dalam penelitian ini yaitu 73 siswa diambil 25% dari keseluruhan jumlah siswa sebanyak 290 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala psikologis. Analisis data menggunakan regresi linier berganda menggunakan Statistical Packages for Social Science (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan pola asuh demokratis dan konsep diri terhadap perkembangan kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bojong tahun pelajaran 2015/2016. Nilai R sebesar 0,784 ada hubungan pola asuh demokratis dan konsep diri siswa. Ada hubungan secara simultan sebesar 56%, Hal ini ditunjukkan dengan nilai parsial pola asuh demokratis(rparsial = .357, p<.01) berarti hubungan antara variabel Pola asuh demokratis terhadap Kecerdasan emosional siswa,sedangkan nilai parsial konsep diri sebesar (rparsial = .483, p<.01) bahwa ada hubungan konsep diri terhadap perkembangan kecerdasan emosional siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan pola asuh demokratis dan konsep diri terhadap perkembangan kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bojong tahun pelajaran 2015/2016. Diperlukan sinergi dan kolaborasi yang lebih baik lagi antar stakeholder sekolah baik dari kepala sekolah, staf TU, tenaga pengajar, orang tua, dan siswa agar memiliki kecerdesan emosional yang semakin baik dan mampu mengantarkan siswa-siswanya agar memiliki prestasi yang unggul.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola asuh demokratis, konsep diri, dan kecerdasan emosional siswa. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 20 Dec 2017 20:17 |
Last Modified: | 20 Dec 2017 20:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28604 |
Actions (login required)
View Item |