PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MODEL THINK TALK WRITE DENGAN PEMANFAATAN MEDIA KLIPING FOTO JURNALISTIK PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 8 BATANG


Santika Damayanti Sari , 2101411070 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MODEL THINK TALK WRITE DENGAN PEMANFAATAN MEDIA KLIPING FOTO JURNALISTIK PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 8 BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411070.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (577kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII C SMP Negeri 8 Batang masih tergolong belum optimal. Hal ini disebabkan faktor dari dalam diri siswa yang menganggap sulit pembelajaran menulis teks berita kemudian dalam hal kemampuan memunculkan ide berita dan pembentukan struktur kalimat. Model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif serta mampu berpikir kritis dengan cara bekerja sama dengan kelompok secara bertanggung jawab adalah model pembelajaran inovatif yang harus diterapkan kepada siswa. Salah satu model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran menulis teks berita adalah model think talk write. Selain model yang inovatif, untuk menunjang keberhasilan dalam peningkatan keterampilan menulis teks berita diperlukan juga media pembelajaran yang inovatif juga. Media pembelajaran yang tidak hanya menarik tetapi juga dapat merangsang siswa untuk berpikir kreatif. Media pembelajaran yang tepat adalah media kliping foto jurnalistik. Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pembelajaran menulis teks berita menggunakan model think talk write dengan pemanfaatan media kliping foto jurnalistik, (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis teks berita siswa setelah pembelajaran menulis teks berita menggunakan model think talk write dengan pemanfaatan media kliping foto jurnalistik, dan (3) bagaimanakah perubahan perilaku siswa selama mengikuti pembelajaran menulis teks berita menggunakan model think talk write dengan pemanfaatan media kliping foto jurnalistik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II dengan variabel dalam penelitian ini adalah variabel keterampilan menulis teks berita, dan variabel penggunaan model think talk write dengan pemanfaatan media kliping foto jurnalistik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 8 Batang. Pengumpulan data dengan teknik nontes dan teknik tes. Instrumen nontes dalam penelitian ini berupa lembar observasi, lembar jurnal, lembar wawancara, dan dokumentasi foto. Instrumen tes dalam penelitian ini berupa lembar kerja siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas respons siswa terhadap pembelajaran menulis teks berita melalui model think talk write dengan pemanfaatan media kliping foto jurnalistik. Penelitian ini juga menunjukkan perubahan perilaku siswa kelas VIII C SMP Negeri 8 Batang kearah positif selama mengikuti pembelajaran menulis teks berita. Hal ini diketahui dari data lembar observasi yang menunjukkan adanya perubahan kearah positif terhadap perilaku berkarakter yang muncul dalam tiap langkah pembelajaran. Keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII C SMP N egeri 8 Batang setelah mengikuti pembelajaran menulis teks berita melalui model think talk write dengan pemanfaatan media kliping foto jurnalistik sudah menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. hasil rata-rata kelas tes pada prasiklus sebesar 60,5 mengalami peningkatan sebesar 6,83 menjadi 67,3 pada siklus I. nilai rata siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,67 menjadi 78 pada siklus II. Peneliti menyarankan guru Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya menggunakan model think talk write dengan pemanfaatan media kliping foto jurnalistik dalam proses pembelajaran menulis teks berita. Kemudian, saran bagi peserta didik hendaknya berlatih menulis teks berita dengan memperhatikan kelengkapan unsur berita, struktur berita yang tepat, ketepatan ejaan dan tanda baca, ketepatan diksi (pilihan kata), keefektifan kalimat, kerapian tulisan dan kesesuaian pemilihan judul yang dapat mengatasi kesulitan belajar dalam pembelajaran menulis teks berita. Bagi kepala sekolah, Untuk mendukung proses pembelajaran, perlu adanya integrasi secara internal antara unsur pengajar, kepala sekolah serta seluruh warga sekolah untuk mengembangkan sarana dan prasarana yang memadai di sekolah. Terakhir, saran peneliti untuk peneliti lain, hendaknya melakukan penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan menggunakan metode lain yang lebih variatif dan kreatif sehingga dapat memperkaya khazanah ilmu dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis teks berita, model think talk write, kliping foto jurnalistik.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2017 17:51
Last Modified: 19 Dec 2017 17:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28553

Actions (login required)

View Item View Item