EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PERMAINAN HAPPY KINGDOM PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII


Irna Kinayungan Wilujeng, 4401411080 (2016) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PERMAINAN HAPPY KINGDOM PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PERMAINAN HAPPY KINGDOM PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PERMAINAN HAPPY KINGDOM PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII) - Published Version
Download (601kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran biologi dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya adalah metode pembelajaran, yakni langkah operasional dari strategi pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Upaya untuk melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran materi keanekaragaman makhluk hidup adalah melalui metode permainan happy kingdom. Metode ini menggunakan permainan yang menyenangkan sehingga mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan metode permainan happy kingdom pada materi keanekaragaman makhluk hidup terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pra-experimental dengan desain One-Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs NU Ungaran tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri atas 5 Kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D dan VII E. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yakni pengambilan kelompok sampel dilakukan secara acak. Prosedur penelitian meliputi tahap persiapan (observasi sekolah, penyusunan perangkat pembelajaran dan instrument tes) dan tahap pelaksanaan (melaksanakan pembelajaran, penilaian dan evaluasi). Data aktivitas siswa diambil menggunakan metode observasi, data hasil belajar melalui metode tes, sedangkan tanggapan siswa dan guru diambil melalui kuisioner. Hasil penelitian yang didapat yaitu persentase keaktifan siswa sebesar 75,51%, penelitian ini efektif karena >70% siswa aktif dalam pembelajaran dan data hasil belajar menunjukkan bahwa ketuntasan siswa mencapai 82,43%, menandakan bahwa penelitian ini efektif karena >80% siswa memperoleh nilai ≥ KKM 70. Persentase tanggapan guru sebesar 86% yang dikategorikan sangat baik dan sebanyak 85% siswa menyatakan setuju terhadap metode permainan happy kingdom bahwa siswa sangat tertarik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode permainan happy kingdom efektif diterapkan pada materi keanekaragaman makhluk hidup kelas VII terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: aktivitas, happy kingdom, hasil belajar, metode pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Cooperative Learning
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 19 Dec 2017 12:57
Last Modified: 19 Dec 2017 12:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28545

Actions (login required)

View Item View Item