PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENYUSUN TEKS DISKUSI BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK KELAS VIII


Muzdalifah , 2101411036 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENYUSUN TEKS DISKUSI BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411036.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (644kB) | Preview

Abstract

Salah satu kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII pada Kurikulum 2013 adalah menyusun teks diskusi sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan. Pembelajaran menyusun teks diskusi untuk peserta didik kelas VIII memerlukan bahan ajar. Permasalahannya adalah bahan ajar yang berkaitan dengan menyusun teks diskusi belum banyak beredar dan belum memenuhi kebutuhan peserta didik karena beberapa bahan ajar hanya mengulas sebagian kecil atau bahkan dijelaskan secara tersirat dari isi buku. Oleh karena itu, perlu disusun bahan ajar yang mampu memenuhi kebutuhan perluasan pengetahuan peserta didik. Pengembangan bahan ajar menyusun teks diskusi diintegrasikan dengan pendidikan karakter. Karakter dan kompetensi merupakan dua aspek penting yang menjadi basis dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. Begitu pula dengan bahan ajar menyusun teks diskusi ini pun disusun dengan memuat pendidikan karakter. Penelitian ini berusaha memecahkan beberapa masalah yang ada, di antaranya (1) bagaimanakah kebutuhan pengembangan bahan ajar menyusun teks diskusi bermuatan pendidikan karakter berdasarkan persepsi guru dan peserta didik kelas VIII; (2) bagaimanakah karakteristik bahan ajar menyusun teks diskusi bermuatan pendidikan karakter untuk kelas VIII; dan (3) bagaimanakah bahan ajar menyusun teks diskusi bermuatan pendidikan karakter untuk kelas VIII. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memaparkan kebutuhan pengembangan bahan ajar menyusun teks diskusi bermuatan pendidikan karakter berdasarkan persepsi guru dan peserta didik kelas VIII; (2) mengidentifikasi karakteristik pengembangan bahan ajar menyusun teks diskusi bermuatan pendidikan karakter untuk kelas VIII; dan (3) memaparkan bahan ajar menyusun teks diskusi bermuatan pendidikan karakter untuk kelas VIII. Penelitian ini menggunakan desain research and development (R&D) yang dilakukan dengan lima tahap, yaitu (1) survei pendahuluan, (2) awal pengembangan produk, (3) desain produk, (4) validasi produk, dan (5) revisi produk. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik, guru, dan dosen ahli. Instrumen penelitian meliputi panduan pengamatan bahan ajar, angket kebutuhan, panduan wawancara, dan lembar uji validasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menemukan beberapa hal, yaitu (1) analisis kebutuhan terhadap bahan ajar menyusun teks diskusi bermuatan pendidikan karakter untuk kelas VIII, peserta didik dan guru membutuhkan bahan ajar tersebut. Peserta didik dan guru berharap bahan ajar tersebut dibuat dengan mengembangkan kompetensi menyusun teks diskusi berkelompok secara lisan dan menyusun teks diskusi mandiri secara tulisan, contoh teks diskusi diintegrasikan dengan nilai-nilai karakter jujur, kerja keras, dan kreatif, penyertaan fitur-fitur yang menarik dan dilengkapi dengan penilaian sikap, gaya penulisan menggunakan bahasa Indonesia baku, dan disusun dalam ukuran A5 dengan pewarnaan ilustrasi yang berwarna-warni; (2) prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar berdasarkan karakteristik bahan ajar meliputi prinsip kecukupan, relevansi, kemudahan, integratif, kelengkapan, kebermanfaatan, autentik, sistematis, kesesuaian, keterbacaan, kemenarikan, dan kepraktisan; (3) bahan ajar menyusun teks diskusi bermuatan pendidikan karakter untuk kelas VIII disusun dan dikembangkan sesuai dengan karakteristik dan prinsip pengembangan bahan ajar. Prototipe awal bahan ajar menyusun teks diskusi bermuatan pendidikan karakter untuk kelas VIII meliputi empat aspek, yaitu aspek isi/materi, aspek penyajian, aspek bahasa dan keterbacaan, dan aspek grafika. Penilaian hasil prototipe terhadap bahan ajar meliputi empat aspek, yaitu aspek isi/materi memperoleh nilai 83,9; aspek kebahasaan memperoleh nilai 80; aspek penyajian memperoleh nilai 83,2; dan aspek kegrafikaan memperoleh nilai 79,5. Nilai rata-rata pada keempat aspek, yaitu 81,65 dengan kategori baik. Berdasarkan saran perbaikan dari guru dan ahli, dilakukan perbaikan pada delapan aspek, yaitu kesesuaian dengan KI dan KD, manfaat untuk penambahan wawasan pengetahuan peserta didik, pemilihan contoh teks diskusi, keterbacaan bahan ajar, kejelasan informasi yang disajikan, interaktivitas (stimulus dan respon), fitur kolom ringkasan, ketepatan bentuk evaluasi, dan sampul buku. Berdasarkan temuan penelitian di atas, peneliti merekomendasikan beberapa saran, yaitu (1) peserta didik dan guru diharapkan menggunakan bahan ajar menyusun teks diskusi bermuatan pendidikan karakter karena bahan ajar tersebut berkualitas baik; (2) peserta didik hendaknya dapat mengimplementasikan nilainilai pendidikan karakter yang termuat dalam bahan ajar secara terus-menerus dalam kehidupan sehari-hari agar nilai-nilai pendidikan karakter dapat tertanam kuat dalam diri peserta didik; dan (3) peneliti lain dapat melakukan penelitian lanjutan untuk menguji keefektifan bahan ajar menyusun teks diskusi bermuatan pendidikan karakter untuk kelas VIII sehingga bahan ajar yang disusun dapat lebih sempurna dan dapat digunakan secara efektif dalam pembelajaran menyusun teks diskusi. Selain nilai jujur, kerja keras, dan kreatif peneliti lain juga dapat menambah nilai karakter yang dikembangkan dalam bahan ajar menyusun teks diskusi bermuatan pendidikan karakter untuk kelas VIII agar lebih lengkap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, teks diskusi, pendidikan karakter.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2017 11:31
Last Modified: 19 Dec 2017 11:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28536

Actions (login required)

View Item View Item