PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION KARAKTER FLANEL UNTUK KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK BAGI PESERTA DIDIK SMP KELAS VII
Fakhri Ali Azizi , 2101411026 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION KARAKTER FLANEL UNTUK KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK BAGI PESERTA DIDIK SMP KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (233kB) | Preview |
Abstract
Penggunaan media pembelajaran dapat memacu peserta didik untuk berpikir kreatif serta memberi rangsangan yang kuat. Selain itu, media pembelajaran sangat membantu membawa pengaruh psikologis dalam diri peserta didik. Keefektifan media pembelajaran pada tahap orientasi akan sangat membantu memaksimalkan proses pembelajaran dan penyampaian pesan serta isi pelajaran. Disi lain, media pembelajaran khususnya pembelajaran teks cerpen dalam kurikulum 2013 masih sangat terbatas, sehingga perlu dikembangkan. Kurikulum 2013 mensyaratkan proses belajar harus mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu bentuk pengembangan media tersebut diwujudkan berupa media pembelajaran video stop motion untuk keterampilan menyusun teks cerita pendek bagi peserta didik SMP kelas VII. Melalui media pembelajaran tersebut peserta didik diharapkan mendapatkan pengalaman belajar dengan audio visual berupa animasi stop motion yang digunakan untuk menyampaikan informasi dan kebutuhan pembelajaran khususnya menyusun teks cerita pendek. Permasalahan penelitian ini difokuskan pada (1) bagaimanakah kebutuhan media pembelajaran menyusun teks cerpen yang sesuai untuk peserta didik dan pendidik tingkat SMP, (2) bagaimanakah prototipe media pembelajaran video stop motion untuk keterampilan menyusun teks cerita pendek bagi peserta didik SMP kelas VII, (3) bagaimanakah penilaian ahli terhadap prototipe media pembelajaran video stop motion untuk keterampilan menyusun teks cerita pendek bagi peserta didik SMP kelas VII, dan (4) perbaikan prototipe media pembelajaran video stop motion untuk keterampilan menyusun teks cerita pendek bagi peserta didik SMP kelas VII berdasarkan penilaian ahli. Sementara itu, bertujuan (1) memaparkan kebutuhan media pembelajaran menyusun teks cerita pendek yang sesuai untuk peserta didik dan pendidik SMP, (2) Menyusun prototipe media pembelajaran video animasi stop motion untuk keterampilan menyusun teks cerita pendek bagi peserta didik SMP yang sesuai dengan persepsi pendidik dan peserta didik serta materi pembelajaran dan kurikulum, (3) menjelaskan penilaian ahli terhadap prototipe media pembelajaran video animasi stop motion untuk keterampilan menyusun teks cerita pendek bagi peserta didik SMP, dan (4) memperbaiki prototipe media pembelajaran video animasi stop motion untuk keterampilan menyusun teks cerita pendek bagi peserta didik SMP berdasarkan penilaian ahli. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D). Sumber data penelitian ini yaitu 60 peserta didik di 3 sekolah jenjang SMP kelas VII yang menggunakan kurikulum 2013 di kota Semarang dan kabupaten Kendal. Adapun sekolah tersebut adalah SMP IT Roudlatus Saidiyyah Kota Semarang, SMP Negeri 2 Kendal, dan SMP Negeri 2 Weleri. Instrumen penelitian meliputi lembar wawancara, angket, dan lembar uji validasi. Analisis kebutuhan menggunakan angket dan wawancara kebutuhan dan validasi prototipe media pembelajaran menyusun teks cerpen menggunakan lembar uji validasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh (1) media pembelajaran video animasi stop motion karakter flanel dibutuhkan peserta didik dalam membantu keterampilan menyusun teks cerita pendek, (2) media pembelajaran video animasi stop motion untuk keterampilan menyusun teks cerita pendek bagi peserta didik SMP kelas VII memperoleh nilai dari ahli sebesar 81,1, dan (3) perbaikan yang dilakukan dalam media pembelajaran video animasi stop motion meliputi a) perbaikan sampul, b) penambahan pencapaian kompetensi dasar, c) perbaikan materi pembelajaran, dan d) evaluasi. Saran yang direkomendasikan adalah (1) media pembelajaran video animasi stop motion untuk keterampilan menyusun teks cerita pendek hendeknya direkomendasikan untuk alternatif sebagai media pembelajaran menyusun teks cerpen untuk SMP kelas VII. (2) hendaknya dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji kefektifan media pembelajaran agar diperoleh teknik dan pendekatan baru dalam pembelajaran menyusun teks cerita pendek.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, video animasi stop motion, menyusun teks cerita pendek. |
Subjects: | L Education > Special Education > Language and literature education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 18 Dec 2017 18:27 |
Last Modified: | 18 Dec 2017 18:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28533 |
Actions (login required)
View Item |