PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI METODE PETA PIKIRAN MENGGUNAKAN MEDIA TAYANGAN “MY TRIP MY ADVENTURE” PADA SISWA KELAS VIIA SMP N 4 UNGARAN
Riyanti , 2101411021 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI METODE PETA PIKIRAN MENGGUNAKAN MEDIA TAYANGAN “MY TRIP MY ADVENTURE” PADA SISWA KELAS VIIA SMP N 4 UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (379kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan tes awal dan observasi, dapat diketahui bahwa keterampilan menulis puisi siswa kelas VIIA SMP N 4 Ungaran masih rendah. Terbukti masih terdapat siswa yang mengalami kesulitan menulis puisi, khususnya dalam menentukan diksi dan majas serta kurang sesuainya metode yang digunakan dalam pembelajaran, pemanfaatan media yang kurang maksimal, dan siswa yang kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi. Salah satu cara yang dilakukan peneliti untuk mengatasi kesulitan tersebut yaitu dengan menggunakan metode peta pikiran dan media tayangan “My Trip My Adventure” dalam pembelajaran menulis puisi. Berdasarkan paparan di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pembelajaran keterampilan menulis puisi melalui Metode Peta Pikiran menggunakaan Media Tayangan “My Trip My Adventure” pada siswa kelas VIIA SMP N 4 Ungaran, (2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis puisi melalui Metode Peta Pikiran menggunakan Media Tayangan “My Trip My Adventure” pada siswa kelas VIIA SMP N 4 Ungaran, (3) Bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VIIA SMP N 4 Ungaran dalam pembelajaran menulis puisi melalui Metode Peta Pikiran menggunakan Media Tayangan “My Trip My Adventure”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menulis puisi melalui Metode Peta Pikiran menggunakan Media Tayangan “My Trip My Adventure” pada siswa kelas VIIA SMP N 4 Ungaran, (2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi melalui Metode Peta Pikiran menggunakan Media Tayangan “My Trip My Adventure” pada siswa kelas VIIA SMP N 4 Ungaran, (3) Mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIIA SMP N 4 Ungaran dalam proses pembelajaran menulis puisi melalui Metode Peta Pikiran menggunakan Media Tayangan “My Trip My Adventure”. penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat pada guru, siswa, dan peneliti. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refeksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan siswa dalam menulis puisi pada kelas VIIA SMP N 4 Ungaran. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu variabel keterampilan menulis puisi, metode peta pikiran, dan media tayangan “My Trip My Adventure”. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes keterampilan menulis puisi siswa. Hasil nontes berupa hasil observasi, jurnal (siswa dan guru), wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik pengambilan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik kuantitatif untuk hasil tes menulis puisi dan hasil nontes menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi melalui metode peta pikiran menggunakan media tayangan “My Trip My Adventure”. Nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai 73,47 atau dalam kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 83,70 atau dalam kategori baik. Dari pencapaian nilai dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan sebesar 10,23. Peningkatan keterampilan menulis puisi ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari perilaku negatif ke perilaku positif. Perubahan ini dibuktikan pada siklus II siswa menjadi lebih antusias dan aktif ketika mengikuti pembelajaran. Penulis menyarankan kepada guru Bahasa dan Sastra Indonesia, pembelajaran menulis puisi melalui metode peta pikiran menggunakan media tayangan “My Trip My Adventure” dapat dijadikan alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran menulis puisi karena telah terbukti mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi dan mengubah perilaku siswa ke arah positif. Bagi siswa, hendaknya lebih aktif dan berperilaku positif dalam mengikuti pembelajaran dan selalu berlatih menulis, terutama dalam menulis puisi. Bagi peneliti lain, berharap adanya penelitian lanjutan dengan metode dan media yang berbeda sehingga dapat memperkaya alternatif pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam menulis puisi. Dengan penelitian yang semakin banyak, akan memberikan manfaat yang besar terhadap perkembangan pembelajaran menulis puisi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis puisi, metode peta pikiran, media tayangan “ My Trip My Adventure”. |
Subjects: | L Education > Special Education > Language and literature education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 18 Dec 2017 17:48 |
Last Modified: | 18 Dec 2017 17:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28530 |
Actions (login required)
View Item |