PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA ANIMASI FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA


Kinaseh , 4401411042 (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA ANIMASI FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA ANIMASI FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA ANIMASI FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA) - Published Version
Download (747kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi selain mempelajari konsep juga memecahkan masalah kehidupan nyata dengan mengaitkan konsep yang ada. Konsep biologi yang bersifat abstrak apabila disampaikan dengan pendekatan pembelajaran yang kurang tepat maka akan menyebabkan rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model Probem Based Learning (PBL) dengan media animasi flash terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa. Penelitian menggunakan Quasi Experiment Design dengan bentuk Pretest- Posttest Control Group Design dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kragan (133 siswa). Sampel dalam penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah soal pilihan ganda, sedangkan aktivitas siswa menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan uji t, uji n-gain dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang nyata dari kedua kelas ( ). Uji n-gain menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen memiliki n-gain 74,29% pada kategori tinggi dan 25,71% pada kategori sedang. Uji regresi linier sederhana menunjukkan aktivitaas siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (nilai sig. < 0,05, r kuadrat 0,759). Aktivitas siswa kelas eksperimen 82,86% siswa dalam kategori aktif sampai sangat aktif sedangkan kelas kontrol 67,64%. Simpulan dari penelitian ini adalah model PBL dengan media animasi flash berpengaruh nyata terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas siswa, animasi flash, hasil belajar, Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 18 Dec 2017 14:37
Last Modified: 18 Dec 2017 14:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28520

Actions (login required)

View Item View Item