Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas X A MA AL ASROR Patemon dalam Belajar Sejarah Melalui Penerapan Penelitian Sejarah Secara Sederhana (Tahun Pelajaran 2008/2009).


Dyan Kurniawati, 3101402033 (2009) Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas X A MA AL ASROR Patemon dalam Belajar Sejarah Melalui Penerapan Penelitian Sejarah Secara Sederhana (Tahun Pelajaran 2008/2009). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas X A MA AL ASROR Patemon dalam Belajar Sejarah Melalui Penerapan Penelitian Sejarah Secara Sederhana (Tahun Pelajaran 2008/2009).]
Preview
PDF (Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas X A MA AL ASROR Patemon dalam Belajar Sejarah Melalui Penerapan Penelitian Sejarah Secara Sederhana (Tahun Pelajaran 2008/2009).) - Published Version
Download (530kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran sejarah sangat penting untuk diajarkan, karena dapat melatih siswa memperoleh kemampuan untuk berfikir historis dan memahami sejarah. Melalui pengajaran sejarah, diharapkan siswa mampu mengembangkan kompetensi untuk berfikir secara kronologis dan memiliki pengetahuan tentang masa lampau yang dapat digunakan untuk memahami dan menjelaskan proses perkembangan dan perubahan masyarakat serta keragaman sosial budaya dalam rangka menemukan dan menumbuhkan jati diri bangsa di tengah-tengah kehidupan masyarakat dunia. Akan tetapi di dalam faktanya, minat siswa terhadap pelajaran sejarah justru sangat rendah dan lebih banyak membuat siswa menjadi bosan dan tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran sejarah. Untuk itu dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar sejarah. Metode pembelajaran yang digunakan adalah melalui penerapan penelitian sejarah secara sederhana. Masalah pokok yang dikaji dalam penelitian ini adalah ”bagaimana meningkatkan keaktifan siswa kelas X-A MA AL – ASROR Patemon dalam belajar sejarah melalui penerapan penelitian sejarah secara sederhana tahun pelajaran 2008/2009 ?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam belajar sejarah melalui penerapan penelitian sejarah secara sederhana pada siswa kelas X-A MA AL – ASROR Patemon tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X A MA AL ASROR Patemon yang berjumlah 40 siswa. Data yang dihimpun berupa data pengamatan aktifitas siswa dan wawancara guru dan siswa. Hasil pra siklus pada penelitian ini menunjukkan keaktifan siswa yang masih rendah, yaitu masih terlihat adanya 25 % siswa yang keaktivan dalam belajarnya masih sangat rendah, dan hanya 7,5 % siswa yang keaktivan belajarnya tinggi. Kemudian pada siklus I terdapat peningkatan menjadi 27,5 % siswa yang keaktivan belajarnya tinggi dan untuk siswa yang keaktivan belajarnya rendah turun menjadi 12,5 % dan pada siklus 2, keaktivan belajar sejarah siswa sangat tinggi menjadi sebesar 52,5%, untuk keaktivan yang tinggi sebesar 45 % dan keaktivan belajar sejarah yang cukup hanya 2,5 %, pada siklus 2 ini tidak ditemukan siswa yang keaktivan belajarnya rendah. Karena telah terjadi peningkatan baik dalam kegiatan pembelajaran seperti yang diharapkan maka penelitian dihentikan setelah siklus kedua. Adapun saran yang dapat diajukan antara lain : (1) dalam proses belajar mengajar, hendaknya guru sejarah jangan bersifat konvensional dan monoton lagi, guru sejarah sebaiknya aktif dalam mencari sumber-sumber belajar sejarah untuk materi pengajaran mata pelajaran sejarah, (2) guru sejarah sebaiknya aktif dan kreatif dalam mencari maupun membuat media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar sejarah agar lebih menarik, tidak membosankan serta dapat memotivasi siswa, (3) adanya kerjasama antara pihak sekolah dengan pihak instansi pendidikan lainnya, yang diharapkan dapat memfasilitasi dalam mengembangkan proses pembelajaran sejarah pada khususnya dan IPS pada umumnya dengan cara berusaha menyediakan sarana pembelajaran, seperti laboratorium IPS atau ruang multimedia, pelatihan pembuatan dan penggunaan media pembelajaran, dan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Belajar Sejarah, Penelitian Sejarah secara Sederhana
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Mar 2011 06:40
Last Modified: 25 Apr 2015 03:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/285

Actions (login required)

View Item View Item