PELAKSANAAN REMEDIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


NITTA WULANINGRUM , 1401412327 (2016) PELAKSANAAN REMEDIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412327.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (458kB) | Preview

Abstract

Guru harus memiliki kemampuan untuk mentransfer ilmunya kepada siswa. Namun, tidak semua siswa mampu menyerap materi yang telah disampaikan sehingga hasil belajar belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Oleh karena itu, guru perlu melakukan remedial untuk megatasi kesulitan belajar siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagimanakah pelaksanaan remedial dalam pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. (2) Apa sajakah hambatan yang dialami padapelaksanaan remedial dalam pembelajaran IPS kelas V SD Negeri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan remedial dan hambatannya dalam pembelajaran IPS kelas V. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berlokasi di 6 SD Kecamatan Gunungpati dengan melibatkan 6 guru dan 78 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) Observasi; 2) Wawancara; 3) angket; 4) dokumentasi. Analisis data yang dilakukan meliputi analisis data sebelum, selama, dan setelah di lapangan. Hasil penelitian di SD Negeri Kecamatan Gunungpati terdiri dari empat indikator, yaitu persiapan, proses, dan pengukuran hasil belajar, dan keaktifan serta ketertarikan siswa. Berdasarkan hasil observasi, pelaksanaan remedial memiliki persentase 76,0%, sedangkan pada hasil angket memiliki persentase 77,13%. Adapun hambatan yang dialami guru saat melaksanakan remedial adalah materi yang padat dengan waktu terbatas, kemampuan guru dalam menggunakan IT, metode yang kurang bervariasi, siswa kurang termotivasi, dan kepedulian orang tua minim. Simpulan dpenelitian ini adalah pelaksanaan remedial dalam pembelajaran IPS berkriteria samgat baik dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Guru dapat mengoptimalkan kembali pelaksanaan remedial. Siswa diharapkan lebih berpartisipasi aktif dan orang tua lebih peduli terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Remedial, Pembelajaran IPS, Kesulitan Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 May 2019 14:58
Last Modified: 09 May 2019 14:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28460

Actions (login required)

View Item View Item