IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PARTISIPATIF PADA KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH DI SALATIGA
Afifa Turrohmah , 1201412001 (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PARTISIPATIF PADA KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH DI SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (440kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran partisipatif pada intinya dapat diartikan sebagai upaya tutor untuk mengikut sertakan warga belajar dalam kegiatan pembelajaran yaitu dalam tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang implementasi pembelajaran partisipatif, hasil pembelajaran partisipatif, faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran partisipatif serta cara mengatasi faktor penghambat implementasi pembelajaran partisipatif pada komunitas belajar Qaryah Thayyibah di Salatiga. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala komunitas, warga belajar (35 orang). Obyek penelitian ini adalah pembelajaran partisipatif pada komunitas belajar Qaryah Thayyibah. Fokus penelitian ini adalah keterlibatan warga belajar dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, hasil belajar warga belajar, faktor pendukung dan penghambat serta cara mengatasi faktor penghambat. Sumber data primer penelitian ini adalah kepala sekolah, warga belajar dan tutor/ pendamping. Sumber data sekunder penelitian ini diperoleh melalui pustaka buku, dokumentasi, internet. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan teori. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah a) implementasi pembelajaran partisipatif pada komunitas belajar Qaryah Thayyibah sudah dilakukan sesuai prinsip, yakni melibatkan warga belajar dalam tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi atau penilaian; b) hasil pembelajaran jangka pendek berupa karya dan hasil pembelajaran jangka panjang berupa lulusan yang melanjutkan kuliah dan bekerja; c) faktor pendukung internal adalah keaktifan warga belajar, faktor pendukung eksternal adalah kerjasama dengan pihak lain sedangkan faktor penghambat internal adalah rasa malas dan tidak mood, faktor penghambat eksternal tidak ada; d) cara mengatasi faktor penghambat menurut pendamping adalah dengan berdialog, sedangkan menurut warga belajar dengan tidur, makan da saling memberi support. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan 1) warga belajar lebih termotivasi lagi untuk belajar dan tidak malas; 2) pendamping lebih mendisiplinkan warga belajar dan bagi warga belajar agar lebih melatih dirinya sendiri untuk menjadi lebih disiplin.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran partisipatif pada Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 14 Dec 2017 12:35 |
Last Modified: | 14 Dec 2017 12:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28445 |
Actions (login required)
View Item |