STUDI PEMBINAAN ANAK JALANAN DI RUMAH PERLINDUNGAN SOSIAL ANAK (RPSA) PELANGI KOTA SEMARANG
FEBRIYAN ARIZONA , 1201411059 (2016) STUDI PEMBINAAN ANAK JALANAN DI RUMAH PERLINDUNGAN SOSIAL ANAK (RPSA) PELANGI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (383kB) | Preview |
Abstract
Anak jalanan yang semakin banyak di kota Semarang menggugah rasa kemanusiaan beberapa orang yang tergabung dalam RPSA Pelangi, mereka para tutor ingin memberikan tambahan pembelajaran di luar pendidikan formal. Rumusan masalah yang dikaji adalah bagaimanakah perencanaan pembinaan di RPSA Pelangi, bagaimanakah bentuk kegiatan pelaksanaan pembinaan di RPSA Pelangi, faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembinaan di RPSA Pelangi, mendeskripsikan pelaksanaan pembinaan di RPSA Pelangi, mengidentifikasi dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data interaktif mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa studi pembinaan di RPSA Pelangi memiliki tahapan yaitu perencanaan pembinaan, pelaksanaan pembinaan, dan faktor pendukung dan penghambat. Perencanaan diawali dengan analisis kebutuhan, tujuan pembinaan. Bentuk kegiatan pembinaan meliputi bimbingan rohani, pelatihan keterampilan. Kegiatan pembuka dilakukan untuk menjalin komunikasi yang akrab, memberi motivasi, mengenali karakteristik anak jalanan sebelum pembelajaran dilaksanakan, kegiatan inti yang berisi interaksi antara tutor dan anak jalanan, dan yang terakhir adalah kegiatan penutup (kegiatan untuk mengakhiri pembinaan). Faktor pendukung yaitu fasilitas yang cukup memadai dalam melaksanakan pembinaan, serta dukungan positif dari masyarakat maupun pemerintah dan faktor penghambat kurangnya pekerja sosial, serta kurangnya dana guna pelaksanaan pembinaan. Teknik yang digunakan dalam evaluasi berupa teknik tes dan nontes. Proses pembelajaran yang telah dilaksanakan memiliki dampak yang dirasakan oleh anak jalanan, hasil pembelajaran dapat dirasakan melalui perubahan sikap (afektif), pengetahuan (kognitif), dan dapat diwujudkan melalui ketrampilan (psikomotorik). Simpulan dari penelitian ini yaitu studi pembinaan anak jalanan di RPSA Pelangi diawali dengan kegiatan perencanaan, dilanjutkan pelaksanaan dan dilakukan dengan evaluasi. Saran yang diberikan untuk RPSA Pelangi yaitu waktu pembinaan ditambah agar jadwal pelajaran dapat dibuat secara pasti tidak kondisional, Pada pelaksanaan pembinaan, teknik pembinaan lebih variatif lagi agar anak jalanan tidak bosan, untuk faktor pendukung ditambah kegiatan pengembangan kepribadian yang tangguh (character building) pendidikan karakter pada kurikulum pembinaan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | studi pembinaan, anak jalanan, RPSA. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 14 Dec 2017 12:35 |
Last Modified: | 14 Dec 2017 12:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28438 |
Actions (login required)
View Item |