PENGELOLAN PEMBELAJARAN KURSUS MENJAHIT PADA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) KARYA ABADI KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG


TUNJUNG SUGANDIKO , 1201411050 (2016) PENGELOLAN PEMBELAJARAN KURSUS MENJAHIT PADA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) KARYA ABADI KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201411050.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (370kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa pendidikan merupakan suatu hal penting bagi masyarakat. Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana pengelolaan pembelajaran kursus menjahit yang meliputi :1) perencanaan pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran, 3) evaluasi pembelajaran, 4) pemanfaatan hasil pembelajaran, 5) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi . Informan terdiri dari 1 pengelola, 2 instruktur, dan 5 peserta didik.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data, dan (4) Penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik yang digunakan untuk pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah Triangulasi Sumber. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini : 1) Perencanaan pembelajaran, dimulai dengan tujuan pembelajaran, metode, materi, media, waktu, sumber, dan evaluasi. 2) Pelaksanaan pembelajaran, kegiatan awal, inti, dan penutup dalam pelaksanaan pembelajaran. 3) Evaluasi pembelajaran, Evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif dan sumatif serta menggunakan Penilaian Acuan Patokan. 4) Pemanfaatan hasil belajar, yaitu dengan disalurkannya lulusan kursus pada perusahaan yang bekerjasama dengan LPK Karya Abadi. 5) Faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukungnya adalah instruktur yang berpengalaman dan berkompeten dalam kursus menjahit pada tingkat dasar, terampil, dan mahir, penghambatnya adalah latar belakang pendidikan peserta kursus yang berbeda menyebabkan perbedaan penyerapan materi serta bila mesin rusak maka pelaksanaan pembelajaran menjadi terhambat. Saran setelah menarik kesimpulan. 1) waktu yang diperlukan disesuaikan dengan beban belajar peserta kursus mengingat adanya perbedaan tingkat pendidikan. 2) Dalam proses pembelajaran perlu adanya peningkatan interaksi dan komunikasi antara instruktur dengan peserta kursus. 3) Perlu adanya penilaian pada aspek sikap kursus ini dapat bermanfaat sebagai bekal dalam dunia kerja yang akan mereka hadapi. 4)Pemanfaatan hasil belajar diharapkan tidak hanya untuk peserta kursus yang akan disalurkan,tetapi juga hasil belajar dapat berguna pada saat lulusan tersebut belum cukup umur untuk bekerja. 5) Untuk mendapatkan out put yang diharapkan harus selalu dilakukan evaluasi dan perbaikan sarana prasarana pembelajaran dengan membeli peralatan untuk mengantisipasi ketika terdapat mesin yang rusak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Pembelajaran, Kursus Menjahit.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 13 Dec 2017 18:34
Last Modified: 13 Dec 2017 18:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28437

Actions (login required)

View Item View Item