PENGELOLAAN PELATIHAN KETERAMPILAN SOSIAL OTOMOTIF DAN PENGELASAN DI PANTI SOSIAL MARSUDI PUTRA “ANTASENA”


SETIYANTO ARI NUGROHO , 1201411044 (2016) PENGELOLAAN PELATIHAN KETERAMPILAN SOSIAL OTOMOTIF DAN PENGELASAN DI PANTI SOSIAL MARSUDI PUTRA “ANTASENA”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201411044.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (355kB) | Preview

Abstract

Memudarnya nilai-nilai tradisional dan munculnya nilai-nilai baru, seperti perubahan normanorma, aturan-aturan yang ada di masyarakat yang berdampak juga pada melemahnya tali kekeluargaan dan pengawasan sosial seperti meningkatnya kenakalan anak dan remaja. Untuk mengantisipasi dan menangani anak berperilaku menyimpang pemerintah menyediakan suatu lembaga sosial bagi anak yang terlibat dalam masalah kenakalan anak dan remaja,lembaga sosial ini disebut panti. Panti sosial marsudi putra “ antasena” Magelang mempunyai tugas memberikan pelayanan dan rehabilitas sosial meliputi binaan mental, binaan agama, bimbingan sosial, pelatihan keterampilan sosial dan pembinaan lanjut bagi anak nakal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan pelatihan, pelaksanaan pelatihan keterampilan, evaluasi pelatihan dan faktor penghambat perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pelatihan keterampilan sosial di panti sosial marsudi putra “antasena” Magelang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pelatihan, pelaksanaan pelatihan, evaluasi pelatihan dan untuk mengetahui faktor penghambat perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pelatihan keterampilan sosial. Pendekatan peneliatian dengan menggunakan penelitian kualitatif. Fokus dari penelitian ini adalah keterampilan sosial. Sumber informasi yaitu ada informan yang menjabat sebagai kepala bagian. Kemudia key informanya itu warga belajar dan tutor. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metodeanalisis data penelitian iniadalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu dalam pelatihan keterampilan sosial (otomotif dan pengelasan) yaitu terdapat: (1) Perencanaan yaitu identifikasi kebutuhan, menetapkan tujuan, merancang materi, menentukan NST, menentukan dana, menentukan sarana prasarana. (2) Pelaksanaan yaitu jangka waktu pelatihan, peserta, nara sumber teknis, materi, metode, media, tempat, tujuan, sumber belajar, dan evaluasi. (3) Evaluasi yaitu evaluasi awal, evaluasi pelaksanaan dan evaluasi akhir. (4) Faktor penghambat yaitu dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Simpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan pelatihan keterampilan (otomotif dan pengelasan) sudah berjalan sesuai dengan tujuan yaitu anak dapat memiliki life skill sehingga dapat diterima di masyarakat.Untuk saran penyampaian materi bisa ditambah waktunya menjadi seminggu 5 kali. Metode yang di gunakan juga bisa ditambah agar semakin menarik warga belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Keterampialn Sosial, Panti Sosial
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 13 Dec 2017 18:34
Last Modified: 13 Dec 2017 18:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28436

Actions (login required)

View Item View Item