IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 5 SEMARANG


Arif Fatoni , 1102412098 (2016) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 5 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412098.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (300kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang menekankan pada karakter peserta didik dan mempunyai inovasi baru pada pembelajaran yang diterapkan dalam kelas. Salah satu inovasi dalam kurikulum 2013 yaitu pembelajaran saintifik. Tujuan dari penelitian ini antara lain: 1) mengetahui perencanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 5 Semarang. 2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 5 Semarang. 3) mengetahui keefektifan pelaksanaan pendekatan saintifik pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 5 Semarang. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Semarang. Sumber data utama diperoleh dari informan utama yaitu guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan sumber data pendukung diperoleh dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, peserta didik, dokumen-dokumen, dan foto. Metode penelitian yang digunakan dalan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini antara lain: 1) perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru yaitu mengkaji silabus dan menyusun RPP bersama dengan tim MGMP tingkat SMP di Semarang. Komponen RPP yang disusun sudah lengkap, menjabarkan langkah kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik yang mencakup kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan sesuai dengan komponen RPP yang ditentukan oleh pemerintah. 2) guru melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik sesuai dengan peraturan dan pedoman Kemendikbud meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup akan tetapi guru belum mengacu pada peraturan dan pedoman pembelajaran baru edisi kurikulum revisi yang dikeluarkan oleh pemerintah. 3) guru menggunakan penilaian autentik untuk menilai kompetensi peserta didik meliputi aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan akan tetapi guru tidak melaksanakan penilaian di setiap pertemuan pembelajaran, selain itu guru menggunakan instrumen dengan referensi sumber yang tidak tetap karena tidak adanya distribusi buku acuan dari pemerintah sebagai dampak dikeluarkanya kurikulum edisi revisi. 4) hambatan yang dialami guru dalam implementasi pendekatan saintifik yaitu tidak adanya buku acuan pembelajararn dari pemerintah sehingga guru harus mengacu dari berbagai sumber sebagai referensi dalam mencari materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendekatan Saintifik, Kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Education System
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 13 Dec 2017 18:33
Last Modified: 13 Dec 2017 18:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28429

Actions (login required)

View Item View Item