KEEFEKTIFAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KEJAMBON 7 KOTA TEGAL


Yulita Mawar Sulastri , 1401412318 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KEJAMBON 7 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412318.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (362kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran PKn masih menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga pembelajaran masih berpusat pada guru. Keadaan yang terjadi pada pembelajaran PKn di SD Negeri Kejambon 7 Kota Tegal, yang berakibat pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar yang dicapai siswa. Pembelajaran PKn bertujuan untuk mengaitkan fakta dan konsep yang ada pada materi pembelajaran ke dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, siswa diharapkan berperan aktif saat berlangsungnya pembelajaran PKn. Salah satu model pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan yaitu pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan model pembeljaran TAI dan untuk mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa antara siswa yang di kelas yang menggunakan model pembelajaran TAI dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan dengan desain quasi experimental design berbentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam pembelajaran ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Kejambon 6 dan 7 Kota Tegal tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 64 siswa. Dalam penelitian ini, sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh, oleh karena itu, seluruh siswa kelas IV dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunaan bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran koopeartif tipe TAI dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan mengetahuui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai observasi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI sebesar 95,83 dengan kriteria sangat tinggi. Perolehan nilai rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen mencapai 79,90 dan kelas kontrol mencapai 39,93. Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen mencapai 80, 67 dan kelas kontrol mencapai 74,26. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model TAI berpengaruh efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn kelas IV materi globalisasi. Untuk menindaklanjuti penelitian ini guru, pihak sekolah, dan peneliti lain disarankan untuk mengembangkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 May 2019 14:56
Last Modified: 09 May 2019 14:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28422

Actions (login required)

View Item View Item