PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LEARNING OBJECT PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ALAT INDRA MANUSIA DI KELAS IV SD NEGERI ANDONGREJO 2 BLORA


Irma Damayanti , 1102412093 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LEARNING OBJECT PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ALAT INDRA MANUSIA DI KELAS IV SD NEGERI ANDONGREJO 2 BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412093.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (243kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan learning object, menghasilkan produk learning object, dan mengetahui keefektivian pembelajaran dengan menggunakan media learning object pada siswa kelas IV SD Negeri Andongrejo 2 Blora. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan lima tahap penelitian untuk mengembangkan produk learning object materi alat indra manusia. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Andongrejo 2 Blora. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket (kuesioner) dan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan learning object yaitu 79,5. Prosedur pengembangan learning object terdiri dari lima tahap yang mengacu pada prosedur penelitian dan pengembangan oleh Borg dan Gall, yang sudah disederhanakan sesuai dengan kebutuhan penelitian, yaitu pra pengembangan model, pengembangan model, evaluasi model, penerapan model dan revisi model. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan learning object efektif pada siswa kelas IV SD Negeri Andongrejo 2 Blora. Sedangkan prosedur pengembangan learning object terdiri dari lima tahap pengembangan, yang mengacu pada prosedur pengembangan oleh Borg dan Gall. Saran dari peneliti kepada siswa, sekolah maupun lembaga Universitas Negeri Semarang yaitu agar memanfaatkan dan menggunakan produk learning object untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Learning Object, Pengembangan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 13 Dec 2017 14:53
Last Modified: 13 Dec 2017 14:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28412

Actions (login required)

View Item View Item