RANCANGAN E-LEARNING MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE DI JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Fuad Mahfudz , 1102412039 (2016) RANCANGAN E-LEARNING MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE DI JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412039.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (356kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan E-Learning di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (KTP Unnes) belum maksimal. Asumsi yang muncul adalah faktor mental pengguna yang memang tidak ingin menggunakan atau sistem E-Learning yang memang sulit untuk digunakan, sehingga mengakibatkan E-Learning tidak menyenangkan dan tidak memiliki daya tarik untuk tetap menggunakan. Dari permasalahan itu maka peneliti melakukan penelitian ini. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kondisi E-Learning yang telah digunakan oleh dosen dan merumuskan rancangan E-Learning menggunakan metode user experience di KTP Unnes. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif model induksi Dengan melihat pengalaman dari dosen dan mahasiswa dalam menggunakan E-Learning telah berhasil merumuskan permasalahan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa jurursan mengkaji keilmuan tentang teknologi pendidikan belum mampu melaksananan pembelejaran berbasis E-Learning. Untuk sistem pembalajaran yang sesuai untuk dilaksanakan adalah metode pembelajaran konvensional berbantu E-Learning atau Pembelajaran blended learning, untuk pembelajaran sepenuhnya E-Learning akan sulit untuk diimplementasikan. Konsep rancangan yang dilihat dari unsur user experience terdapat beberapa E-learning yang peneliti rekomendasikan. Pertama penggunaan facebook untuk pembelajaran. kedua penggunaan layanan E-Learning seperti edmodo. Ketiga mengembangkan E-Learning secara mandiri dengan pertimbangan yang yang telah peneliti gambarkan pada prototype yang telah dibuat. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa jurursan KTP Unnes harus lebih memperhatikan penggunaan E-Learning. Melihat tantangan dan tuntutan perkembangan IPTEK yang semakin cepat, khususnya internet. Saran dari peneliti adalah secara kelembagaan jurusan untuk dapat membuat kebijakan mengenai pelaksanaan E-Learning dan membentuk tim khusus untuk mempersiapkan realisasi kebijakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-learning, Perguruan Tinggi, Teknologi Pendidikan, Rancangan, User Experience
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 13 Dec 2017 14:52
Last Modified: 13 Dec 2017 14:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28406

Actions (login required)

View Item View Item