KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP HASIL TATA RIAS MAKE UP ARTIST PRIA DAN MAKE UP ARTIST WANITA DI KOTA SEMARANG


AwaliyanaRakhmawati , 5402411046 (2016) KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP HASIL TATA RIAS MAKE UP ARTIST PRIA DAN MAKE UP ARTIST WANITA DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5402411046.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Keinginan wanita dan pria untuk mempercantik diri melalui rias sangat tinggi namun tidak semua orang dapat merias dirinya sendiri dengan baik dan sempurna. Kebutuhan yang tinggi akan make up artist dijadikan peluang bisnis untuk semua kalangan masyarakat, pria maupun wanita. Kebanyakan dari konsumen mengukur kualitas seorang make up artist dari photofolio hasil make up atau ungkapan kepuasan para pelanggan lain. Karena kepuasan pelanggan merupakan evaluasi spesifik terhadap keseluruhan pelayanan yang diberikan pemberi jasa. Keunggulan suatu jasa tergantung pada keunikan serta kualitas pelayanan merupakan penilaian menyeluruh atas keunggulan suatu jasa. Salah satu cara untuk mengetahui kualitas suatu jasa tata rias satu dengan yang lain adalah dengan mengetahui kepuasan pelanggan antara make up artist pria dan wanita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pelanggan terhadap make up artist pria dan make up artist wanita di Kota Semarang. Metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode dalam penelitian ini menggunakan kuesioner angket, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah penduduk Kota Semarang yang diperoleh dari BPS Kota Semarang tahun 2015 yang berjumlah 1.268.292 orang. Sampel yang digunakan peneliti adalah teori Harry King yaitu bila dikehendaki kepercayaan sampel terhadap populasi 10% atau tingkat kesalahan 10% maka jumlah sampel yang diambil 272 pelanggan jasa tata rias di Kota Semarang. Hasil yang diperoleh pada kota Semarang menunjukkan dan 272 responden yang menggunakan jasa tata rias pada make up artist menunjukkan 69,4% pelanggan lebih puas terhadap make up artist pria dan 69,2% pelanggan lebih puas terhadap make up artist wanita. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Hasil kepuasan pelangan terhadap hasil tata rias make up artist pria di Kota Semarang masuk dalam kategori baik (2) Hasil kepuasan pelangan terhadap hasil tata rias make up artist wanita di Kota Semarang masuk dalam kategori baik (3) Hasil kepuasan pelanggan terhadap hasil tata rias make up artist pria dan wanita di Kota Semarang tidak mempunyai banyak perbedaan yang berarti. Ini dikarenakan kepuasan pelanggan terhadap hasil tata rias make up artist pria dan make up artist wanita di Kota Semarang sama-sama dalam ketegori baik. Saran yang diberikan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan yaitu (1) Sebaiknya dalam meningkatkan kepuasan pelanggan semua make up artist di harap selalu mengikuti perkembangan trend tata rias terbaru sehingga bisa memberikan pelayanan rias denga hasil yang menarik dan memiliki hasil yang optimal. (2) Bagi para pelanggan sebaiknya memberikan informasi dengan alergi kulit yang ada pada dirinya dan sedikit karakter dirinya sehingga para make up artist bisa melakukan tata rias sesuai dengan jenis kulit dan karakter diri (3) Setiap jasa make up artist harus selalu mengutamakan kepuasan, kenyamanan, dan kebersihan agar pelanggan merasa puas dan selalu menggunakan jasa tata rias.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pelanggan, Hasil tata rias, Make up artist.
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY4 Tata Kecantikan S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 12 Dec 2017 19:12
Last Modified: 12 Dec 2017 19:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28376

Actions (login required)

View Item View Item