STUDI EVALUASI KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 3 MAGELANG)
Ditta Anggitia , 5401411085 (2016) STUDI EVALUASI KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 3 MAGELANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tahun 2013 pemerintah menerapkan Kurikulum 2013 sebagai acuan pendidikan di Indonesia. Kurikulum 2013 tidak dilaksanakan oleh semua sekolah di Indonesia, merujuk pada kebijakan Kemendikbud nomor 179342/MPK/KR/2014 tentang Pelaksanaan Kurikulum 2013. Survey yang dilakukan di dinas pendidikan Kota Magelang, sekolah yang melaksanakan Kurikulum 2013 diantaranya adalah SMK N 3 Magelang. SMK N 3 Magelang menerapkan Kurikulum 2013 mulai tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana progam keahlian tata boga di SMK N 3 Magelang dalam implementasi Kurikulum 2013. Prasarana yang diteliti adalah kelompok ruang pembelajaran umum, ruang pembelajaran khusus dan ruang penunjang. Sedangkan sarana yang diteliti merupakan kelengkapan dari masing-masing kelompok prasarana yang ada di SMK N 3 Magelang. Manfaat penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan tentang ketersediaan sarana dan prasarana yang masih perlu diperbaiki untuk mengoptimalkan pembelajaran Kurikulum 2013 di SMK N 3 Magelang. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif. Objek penelitian ini adalah ketersediaan sarana dan prasarana progam keahlian tata boga untuk implementasi Kurikulum 2013. Data diperoleh melalui pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ketersediaan prasarana ruang pembelajaran umum yang sudah memenuhi kriteria adalah laboratorium komputer dan bahasa. Ketersediaan prasarana pembelajaran khusus hanya dapur latih yang sudah sesuai kriteria. Ruang penunjang yang belum sesuai kriteria hanya tempat bermain/olahraga. Kelengkapan sarana ruang pembelajaran umum banyak yang telah sesuai kriteria dan kebutuhan tiap ruang. Kelengkapan sarana pembelajaran khusus tersedia sesuai kriteria. Kelengkapan sarana penunjang sebagian besar terlengkapi seuai kriteria. Kesimpulan penelitian ini adalah ketersediaan prasarana di SMK N 3 Magelang sebagian besar telah tersedia, meskipun masih terdapat beberapa yang belum memenuhi kriteria standar. Kelengkapan sarana pada setiap prasarana yang ada telah banyak yang memenuhi kriteria dan disesuaikan dengan kebutuhan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sarana, Prasarana, Kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga, S1 |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 17:30 |
Last Modified: | 12 Dec 2017 17:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28349 |
Actions (login required)
View Item |