PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI KELAS II SDN BERINGIN 02 SEMARANG
Anastasya Klau Tetik , 1401512032 (2016) PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI KELAS II SDN BERINGIN 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (373kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan karakter terhadap siswa sekarang mengalami penurunan. Siswa cenderung acuh dan tidak memperdulikan apa yang terjadi disekitarnya.Permasalahan ini menjadi tugas dari guru, orang tua, dan pemerintah. Lembaga sekolah, dalam hal ini guru mempunyai tugas dalam pembentukan karakter siswa. Salah satunya adalah tugas guru melalui pembelajaran yang diajarkan dalam kelas sehingga siswa memiliki sifat karakter. Adanya pendidikan karakter yang diarahkan oleh pemerintah turut menunjang dalam pembentukan sikap terhadap pendidikan karakter dalam siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Upaya guru dalam pembentukan sikap karakter terhadap siswa, (2) peranan guru dan pendidikan karakter dalam pembentukan sikap nasionalisme, (3) hambatan-hambatan yang ditemui dalam proses pembentukan sikap nasionalisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menjelaskan tentang peran orang tua terhadap pendidikan karakter dalam pembentukan sikap nasionalisme siswa kelas II di SD Negeri Beringin02 Semarang. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian yakni (1) siswa, (2) guru sejarah, (3) Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, (4) kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu (1) observasi, (2) Angket, (3) dokumentasi. Penggunaan teknik cuplikan yakni dengan purpossive sampling. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan diolah dan keabsahan data diperiksa dengan teknik persentase. Hasil penelitian menjelaskan tentang upaya guru dalam pembentukan sikap terhadap pendidikan karakter adalah melalui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Peranan guru meliputi guru sebagai teladan, guru sebagai inspirator, guru sebagai motivator, guru sebagai dinamisator, dan guru sebagai evaluator. Peranan pendidikan karakter telihat pada internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter, nilai tanggung jawab, nilai disiplin, nilai toleransi, nilai kerja keras, dan nilai peduli sosial. Adapun hambatan adalah dalam bidang penentuan kebijakan, faktor keluarga, perkembangan teknologi, pengaruh media massa, dan fasilitas sekolah. Saran yang diberikan adalah guru sejarah bisa lebih kreatif dan variatif lagi dalam menanamkan nilai-nilai karakter dalam diri masing-masing siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Orang Tua, Pendidikan Karakter |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Indah Tri Pujiati |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 16:35 |
Last Modified: | 12 Dec 2017 16:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28345 |
Actions (login required)
View Item |