KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS DIENG KECAMATAN BULU KABUPATEN TEMANGGUNG


Alninda Rizka Isfihananti , 1401412309 (2016) KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS DIENG KECAMATAN BULU KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412309.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (515kB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap individu dan bermanfaat bagi kehidupan seseorang. Membaca pemahaman merupakan suatu kegiatan membaca yang dilakukan untuk memahami isi bacaan secara mendalam sehingga pembaca dapat menemukan berbagai ilmu pengetahuan dan informasi yang terdapat dalam bacaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman pada pembelajaran bahasa Indonesia dan bagaimanakah kemampuan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman dan kemampuan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV di SDN Gugus Dieng Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung. Sampel penelitian adalah guru kelas IV sebanyak 6 guru dan siswa kelas IV sebanyak 61 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data observasi dan tes dianalisis dengan membandingkan perolehan skor dengan kriteria ketuntasan skor. Data kualitatif dianalisis menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman sudah baik, dengan skor rata-rata guru mencapai 10 dan siswa 8,80. Sedangkan kemampuan membaca pemahaman siswa SDN Gugus Dieng Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung sudah baik, dengan skor rata-rata 35,27 (72%) kriteria baik. Pada tingkatan kemampuan membaca pemahaman literal memperoleh skor rata-rata 12,38 (77%), tingkatan interpretasi memperoleh skor rata-rata 10,77 (63%), tingkatan kritis memperoleh skor rata-rata 4,34 (72%), dan tingkatan kreatif memperoleh skor rata-rata 7,20 (80%). Simpulan dari penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman sudah baik dan kemampuan membaca pemahaman siswa tergolong baik. Saran dari penelitian adalah guru hendaknya memperhatikan kemampuan membaca siswa. Siswa perlu meningkatkan motivasi, kebiasaan membaca supaya kemampuan membaca siswa menjadi baik. Sekolah hendaknya melengkapi fasilitas perpustakaan agar siswa termotivasi dan terbiasa untuk membaca.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Membaca, kemampuan membaca pemahamaan, bahasa Indonesia
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 May 2019 14:54
Last Modified: 09 May 2019 14:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28331

Actions (login required)

View Item View Item