PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 06 SEMARANG
Yoseph Krey , 1401512026 (2016) PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 06 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (398kB) | Preview |
Abstract
enguasaan kosakata merupakan suatu kemampuan seseorang untuk dapat menguasai dan memahami mengenai suatu kata yang menjadi dasar dalam komunikasi yang telah diketahui oleh setiap orang, antara lain pemerolehan kosakata pada siswa. Mereka mempelajari dan mengalami kosakata itu sendiri. Kosakata juga sangat penting dalam keterampilan membaca. Peran kosakata dalam keterampilan membaca yaitu dapat membantu siswa dalam mememahami isi bacaan dan juga kata yang terkandung dalam suatu bacaan atau teks. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Purwoyoso 06 Semarang yang berjumlah 38 siswa yang ditentukan dengan teknik sampel jenuh. Variabel penelitian yaitu penguasaan kosakata dan keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linieritas. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi, analisis regresi linier sederhana, dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ada hubungan antara pengaruh penguasaan kosakata dengan keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi ditunjukan dengan nilai signifikansi hasil analisis korelasi sebesar 0,000 (< 0,025); (2) Ada pengaruh yang signifikan antara penguasaan kosakata (X) dan keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi (Y) ditunjukan dengan hasil analisis regresi linier sederhana 0,000 (< 0,025) dengan persamaan regresi linier sederhana pada penelitian ini yaitu Ŷ = 0,719 + 1,277X; (3) Besarnya pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan membaca pemahaman yaitu 57,4%, sedangkan 42,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penguasaan Kosakata, Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Indah Tri Pujiati |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 13:24 |
Last Modified: | 12 Dec 2017 13:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28329 |
Actions (login required)
View Item |