HUBUNGANMINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJARPADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS WIJAYA KUSUMA NGALIYANSEMARANG
Sri Lestari Munung Sughiarti , 1401512018 (2016) HUBUNGANMINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJARPADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS WIJAYA KUSUMA NGALIYANSEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (504kB) | Preview |
Abstract
Minat belajar adalah suatu keinginan dan ketertarikan siswa terhadap pelajaran disertai dengan perhatian dan keaktifan untuk menguasai pengetahuan dan pengalaman yang disertai dengan rasa senang dan diperoleh kepuasan. Terkait dengan hasil belajar yang maksimal, salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah minat. Dalam kegiatan belajar, jika siswa memiliki minat dalam belajar maka ia akan merasa bahwa belajar itu merupakan hal yang sangat penting sehingga ia berusaha memusatkan perhatiannya kepada hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan belajar dan dengan senang hati melakukannya tanpa ada paksaan dari siapapun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Gugus Wijaya Kusuma Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang yang berjumlah 145 siswa. Sampel penelitian sebanyak 105 siswa yang ditentukan menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Variabel penelitian yaitu minat belajar dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas. Analisis data a menggunakan analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Hubungan minat belajar dengan hasil belajar ditunjukan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,025 (0,000 < 0,025), ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SD pada Gugus Wijaya Kusuma Ngaliyan Semarang; (2) Besarnya hubungan minat belajar dengan hasil belajar dapat dilihat pada nilai koefisien korelasi (rxy) yaitu 0,485, setelah diinterpretasikan, hubungan minat belajar dengan hasil belajar termasuk dalam kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Indah Tri Pujiati |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 13:15 |
Last Modified: | 12 Dec 2017 13:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28327 |
Actions (login required)
View Item |