HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN DI GUGUS DIPONEGORO SEMARANG


ALVIONA CHARLINE DUMA DIEN , 1401512015 (2016) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN DI GUGUS DIPONEGORO SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401512015.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (405kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan di kelas IV SDN di Gugus Diponegoro Semarang, melalui data ditemukan permasalahan kurangnya pola asuh orang tua dalam pendidikan dengan rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dan seberapa besar hubungan pola asuh orang tua dalam pendidikan dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN di Gugus Diponegoro Semarang tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian correlational study. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN di Gugus Diponegoro yang berjumlah 260 siswa, dengan perhitungan untuk menentukan sampel menggunakan proportional random sampling) dengan jumlah sampel 159 responden. Variabel penelitian meliputi hasil belajar sebagai variabel bebas dan pola asuh orang tua sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur pola asuh orang tua dan nilai UAS semester I tahun ajaran 2015/2016 untuk mengukur hasil belajar siswa. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas data. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi, analisis harga signifikansi, dan koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai pola asuh orang tua sebesar 77,75 termasuk dalam kategori tinggi; (2) Nilai rata-rata hasil belajar sebesar 71,26 termasuk dalam kategori cukup baik; (3) Ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan hasil belajar siswa dengan kategori sedang yang ditunjukkan dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan koefisien korelasi Pearson sebesar 0,687; (4) Ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar ditunjukkan dengan hasil ݐ௛௜௧௨௡௚> ݐ௧௔௕௘௟ (11,846> 1,645) dan signifikansi 0,000 < 0,05; (5) Besar kontribusi hubungan pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa sebesar 0,4719 atau 47,2%, sedangkan 52,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil belajar, sehingga disarankan: (1) Bagi orang tua agar meningkatkan pengetahuan mengenai pola asuh yang baik bagi anakanaknya; (2) Bagi guru agar mengarahkan orang tua supaya tidak salah dalam mendidik anaknya selama berada di rumah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Hasil Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 12 Dec 2017 13:12
Last Modified: 12 Dec 2017 13:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28326

Actions (login required)

View Item View Item