PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD DI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG


Rambu Ery Ana Awang , 1401512011 (2016) PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD DI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401512011.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (356kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan tujuan akhir dilaksanakannya kegiatan pembelajaran disekolah. Hasil belajar dapat ditingkatkan melalui usaha sadar yang dilakukan secara sistematis mengarah pada perubahan yang positif kemudian disebut dengan proses belajar. Media video pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Wates 01 kecamatan Ngaliyan Kota Semarang yang berjumlah 73 orang siswa. Jumlah sampel penelitian adalah sebanyak 73 siswa dimana jumlah siswa kelas eksperimen 36 dan 37 kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis dan analisis akhir. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil perhitungan menggunakan rumus independent sample t test. Pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPS dibuktikan dengan nilai ݐ௛௜௧௨௡௚�> ݐ௧௔௕௘௟�, yaitu 2,220 > 2,219 dengan signifikansi 0,030 < 0,05. Jadi simpulannya adalah ada pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, media video pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 12 Dec 2017 13:09
Last Modified: 12 Dec 2017 13:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28325

Actions (login required)

View Item View Item