TINGKAT KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD GUGUS R.A KARTINI KECAMATAN GROBOGAN KABUPATEN GROBOGAN


Luciana Yuni Purwaningsih , 1401412307 (2016) TINGKAT KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD GUGUS R.A KARTINI KECAMATAN GROBOGAN KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412307.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (273kB) | Preview

Abstract

Kemandirian belajar merupakan sikap yang harus dimiliki siswa dalam belajar, dalam kemandirian belajar siswa akan berusaha memecahkan masalah belajar dengan bantuan minimal dari orang lain. Mata pelajaran IPS mempunyai tujuan untuk mengembangkan potensi siswa agar dapat berpikir logis, memecahkan masalah dan keterampilan dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemandirian belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SD Gugus R.A Kartini Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian di SD Gugus R.A Kartini Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan dengan sampel 61 siswa diambil menggunakan teknik random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah peran guru dalam proses kemandirian belajar siswa pada pembelajaran IPS dan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran IPS. Teknik pengumpulan data: teknik observasi, catatan lapangan, angket, dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas. Analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil observasi peran guru dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran IPS sebesar 72,5% dengan kriteria B (baik). Rata-rata hasil observasi tingkat kemandirian siswa dalam pembelajaran IPS sebesar 73,33% dengan kriteria baik. Hasil data angket kemandirian belajar siswa pada pembelajaran IPS memperoleh hasil, ada 19 siswa mempunyai tingkat kemandirian sangat baik, sebanyak 101 siswa mempunyai tingkat kemandirian baik, dan sedikitnya 3 siswa mempunyai tingkat kemandirian belajar cukup. Simpulan penelitian adalah tingkat kemandirian belajar siswa pada pembelajaran IPS masuk dalam kriteria baik. Peran guru dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran IPS masuk dalam kriteria baik. Tingkat kemandirian belajar siswa pada pembelajaran IPS masuk dalam kriteria baik. Saran bagi guru adalah guru hendaknya menggunakan metode dan media yang menarik dalam mengajar, saran bagi siswa adalah siswa harus lebih percaya diri dalam proses pembelajaran dan aktif memanfaatkan sumber belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran guru, kemandirian belajar, pembelajaran IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 May 2019 14:53
Last Modified: 09 May 2019 14:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28314

Actions (login required)

View Item View Item