PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI SD NEGERI MINTARAGEN 6 KOTA TEGAL
Khiki Wulandari , 1401412601 (2016) PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI SD NEGERI MINTARAGEN 6 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (333kB) | Preview |
Abstract
Guru memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya peningkatan kualitas layanan dan hasil pendidikan. Salah satu kebijakan pemerintah untuk meningkatkan mutu guru yang disertai dengan kesejahteraan guru adalah sertifikasi. Sertifikasi adalah proses pemberian sertifikat pendidik untuk guru dan dosen, dengan logika guru telah memiliki dua hal yang dipersyaratkan yakni kualifikasi pendidikan minimum dan penguasaan kompetensi guru. Jika seorang guru atau calon guru dinyatakan lulus dalam uji kompetensi ini, maka guru berhak memperoleh sertifikat pendidik. Kebijakan tersebut, membuat guru berusaha mengikuti proses penilaian sertifikasi. Pasca tersertifikasi, guru terus berupaya dengan berbagai cara untuk meningkatkan profesionalisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) cara guru meningkatkan profesionalisme pasca bersertifikat pendidik; (2) peran sertifikat pendidik dalam meningkatkan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial guru sekolah dasar; (3) pengaruh sertifikat pendidik terhadap jaminan guru profesional; dan (4) faktor yang mempengaruhi guru bersertifikat pendidik sehingga belum profesional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah guru bersertifikat pendidik di SD Negeri Mintaragen 6 Kota Tegal. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan informan. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bersertifikat pendidik, dan rekan sejawat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis dilakukan dengan: (1)Data Reduction (2); Data Display; dan Conclusions Drawing/verification Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru meningkatkan profesionalisme dengan cara aktif dalam organisasi profesi dan meningkatkan etos kerja sebagai guru; (2) Sertifikasi mempengaruhi kompetensi pedagogik dan profesional. Sedangkan kompetensi kepribadian dan sosial tidak dipengaruhi adanya sertifikasi; (3) Guru bersertifikat pendidik belum sepenuhnya melakukan kegiatan pengembangan terhadap profesinya. Guru kurang memanfaatkan kreativitas dalam menumbuhkan budaya menulis maupun meneliti; (4) Terdapat faktor yang mempengaruhi guru bersertifikat pendidik sehingga belum profesional meliputi faktor intern yaitu keinginan guru untuk belajar teknologi dan faktor lingkungan yaitu motivasi orang tua terhadap pendidikan anak yang kurang. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan sebagai guru profesional hendaknya selalu berupaya untuk melakukan pengembangan profesinya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan; profesionalisme; sertifikasi |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Indah Tri Pujiati |
Date Deposited: | 12 Dec 2017 10:59 |
Last Modified: | 12 Dec 2017 10:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28304 |
Actions (login required)
View Item |