ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN PKn SD NEGERI GUGUS HASANUDIN KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL


Lilis Mulyaningtyas , 1401412597 (2016) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN PKn SD NEGERI GUGUS HASANUDIN KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412597.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (361kB) | Preview

Abstract

Ujian Sekolah/Madrasah merupakan syarat untuk kelulusan di jenjang sekolah dasar. Berdasarkan wawancara awal yang dilakukan dengan guru kelas VI SD N Tanjung Harja 03, diketahui bahwa pihak guru hanya langsung menerima soal Ujian Sekolah. Tim penyusun soal menyatakan bahwa soal hanya dianalisis dengan cara menyusun dan menyesuaikan bahasa sesuai dengan kisi-kisi yang telah diterima penyusun soal dari dinas pendidikan setempat. Berdasarkan informasi tersebut, peneliti melakukan penelitian bagaimana kualitas butir soal Ujian Sekolah mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SD Negeri Gugus Hasanudin Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal tahun 2015. Secara umum, penelitian ini bertujuan mengetahui kualitas butir soal Ujian Sekolah mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SD Negeri Gugus Hasanudin Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal tahun 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan wawancara. Sumber data penelitian ini, yaitu tim penyusun soal; kepala bidang dan sekretaris pendidikan dasar, guru kelas VI dan kepala sekolahl; serta dokumen. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh yaitu 185 lembar jawab siswa. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan teknik panel dengan rumus indeks validitas isi menurut Gregory dan lembar pencocokkan ranah kognitif. Analisis data secara kuantitatif dilakukan dengan pendekatan klasik menggunakan bantuan program Anates V4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal pilihan ganda ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa memiliki indeks validitas isi dengan kategori sangat tinggi (0,98). Dilihat dari distribusi jenjang ranah kognitif terdapat, 31 (62%) soal berkategori C1, 16 (32%) soal berkategori C2, dan terdiri dari 3 (6%) soal berkategori C3. Ditinjau dari aspek validitas, terdapat 9 (18%) soal berkategori sangat signifikan, 13 (26%) soal berkategori signifikan, dan 28 (56%) soal berkategori tidak signifikan. Indeks reliabilitas pada soal pilihan ganda yaitu sebesar 0,72. Ditinjau dari tingkat kesukaran, terdapat 8 (16%) soal berkategori mudah, 39 (78%) soal berkategori sedang, dan 3 (6%) soal berkategori sukar. Dilihat dari aspek daya pembeda, terdapat 11 (22%) soal berkategori baik, 14 (28%) soal berkategori cukup baik, 13 (26%) soal berkategori baik, dan 12 (24%) soal berkategori buruk. Ditinjau dari aspek efektivitas pengecoh, terdapat 42 (84%) berkategori efektif, dan 8 (16%) berkategori tidak efektif. Pelaksanaan tes tergolong baik, karena tingkat keobjektifan siswa sangat tinggi dan tidak ada kecurangan dalam pelaksanaannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa butir soal masih memiliki kekurangan. Oleh karena itu, penyusunan soal harus melalui tahap analisis logis terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Butir Soal; Pendidikan Kewarganegaraan; Ujian Sekolah.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 12 Dec 2017 10:46
Last Modified: 12 Dec 2017 10:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28302

Actions (login required)

View Item View Item