KEEFEKTIFAN MODEL STAD BERBANTUAN PUZZLE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI KELAS V SDN CEPU 04 KABUPATEN BLORA


Alifah Nur Oktaviana , 1401412596 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL STAD BERBANTUAN PUZZLE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI KELAS V SDN CEPU 04 KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412596.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (345kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS di SDN Cepu 04 Kabupaten Blora masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang berakibat rendahnya minat dan hasil belajar yang dicapai siswa. Berdasarkan informasi yang didapatkan dari guru dan kepala sekolah, peneliti melakukan penelitian di SD Cepu 04 dengan menerapkan model pembelajaran STAD berbantuan puzzle dalam pembelajaran IPS pada materi Peristiwa Sekitar Proklamasi pada siswa kelas V SDN Cepu 04 Kabupaten Blora. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran STAD berbantuan puzzle dibandingkan model pembelajaran konvensional pada materi peristiwa sekitar proklamasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan dengan desain quasi experimental design berbentuk nonequivalentcontrol group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model STAD berbantuan puzzle, sedangkan untuk variabel terikat yaitu minat dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 40 siswa, terdiri dari 20 siswa kelas V A dan 20 siswa kelas V B. Dalam penelitian ini, sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh, oleh karena itu seluruh siswa kelas V akan dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Analisis data yang digunakan bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan puzzle dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan mengetahui hubungan minat dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan puzzle. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai observasi penerapan model pembelajaran STAD berbantuan puzzle sebesar 88,33 dengan kriteria tinggi. Perolehan rata-rata minat siswa kelas eksperimen yaitu 76% dan kelas kontrol yaitu 69,5%. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu 84 dan kelas kontrol yaitu 73,75. Hasil pengujian hipotesis untuk uji perbedaan minat belajar dengan ttabel dengan df=38 yaitu 2,024 diperoleh thitung sebesar 2,044 serta uji keefektifan dengan One sample t test diperoleh thitung sebesar 2,919. Sedangkan pengujian hipotesis hasil belajar, uji perbedaan diperoleh thitung sebesar 3,004 dan uji keefektifan diperoleh thitung sebesar 3,860. Berdasarkan serangkaian pengujian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD berbantuan puzzle efektif terhadap minat dan hasil belajar IPS kelas V materi Peristiwa Sekitar Proklamasi. Untuk menindaklanjuti penelitian ini, guru, pihak sekolah, dan peneliti lain disarankan untuk mengembangkan model pembelajaran STAD berbantuan puzzle

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; minat belajar; model pembelajaran STAD berbantuan puzzle
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 12 Dec 2017 10:43
Last Modified: 12 Dec 2017 10:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28301

Actions (login required)

View Item View Item