PERBEDAAN BRAND RESONANCE DITINJAU DARI PENGGUNAAN LOCAL BRANDING DAN FOREIGN BRANDING PADA NAMA PRODUK


Adi Gunawan , 1511411062 (2016) PERBEDAAN BRAND RESONANCE DITINJAU DARI PENGGUNAAN LOCAL BRANDING DAN FOREIGN BRANDING PADA NAMA PRODUK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511411062.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (365kB) | Preview

Abstract

Produk dengan brand equity yang kuat sangat bermanfaat dalam menguasai pasar. Salah satu dimensi paling bernilai dalam menyusun brand equity, yaitu brand resonance. Banyak cara yang dilakukan produsen dalam membangun brand resonance, antara lain menggunakan bahasa asing pada nama produk yang ditawarkan. Pemilihan bahasa baik dengan bahasa lokal atau bahasa asing menjadi penting kaitannya dalam membangun brand resonance. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan dampak penggunaan bahasa pada nama brand terhadap brand resonance. Responden penelitian ini berjumlah 40 orang. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan uji t. Perlakuan pada penelitian ini diberikan dalam bentuk sebuah produk dengan tampilan nama brand menggunakan bahasa Indonesia dan brand berbahasa Inggris. Hasil menunjukan, bahwa pada perbandingan brand Susu Langit Biru dan Blue Sky Milk diperoleh signifikansi 0,454 (sig > 0,05), pada brand Soda Keras dan Hard Soda diperoleh signifikansi 0,552 (sig > 0,05), serta pada brand Arus dan Flow diperoleh signifikansi 0,986 (sig > 0,05). Hasil tersebut menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan brand resonance yang ditimbulkan dari penggunaan foreign branding (bahasa Inggris) ataupun local branding (Bahasa Indonesia) pada penamaan brand. Bagi peneliti selanjutnya, perlu memperhatikan variabel lain yang memiliki cakupan lebih dangkal dan berhubungan dekat dengan brand resonance antara lain brand salience, dan brand awareness.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Brand Resonance, Foreign Branding, Local Branding, Produk
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HF Commerce
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2017 16:28
Last Modified: 11 Dec 2017 16:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28286

Actions (login required)

View Item View Item