EFEKTIVITAS STRATEGI BIOEDUTAINMENT DENGAN METODE SIMULASI DAN PERMAINAN KOKAMI PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH
Fitri Andriyani , 4401411023 (2015) EFEKTIVITAS STRATEGI BIOEDUTAINMENT DENGAN METODE SIMULASI DAN PERMAINAN KOKAMI PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (EFEKTIVITAS STRATEGI BIOEDUTAINMENT DENGAN METODE SIMULASI DAN PERMAINAN KOKAMI PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH)
- Published Version
Download (673kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi awal di SMP N 36 Semarang, diketahui bahwa hasil belajar kognitif siswa materi sistem peredaran darah belum maksimal dengan 56,54% siswa belum tuntas KKM 74. Hal ini diduga disebabkan oleh rendahnya kualitas proses pembelajaran, pembelajaran lebih banyak dilaksanakan melalui ceramah dan strategi pembelajaran yang kurang bervariasi. Masalah tersebut diprediksi dapat diatasi dengan strategi Bioedutainment dengan metode simulasi dan permainan Kokami. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas strategi Bioedutainment dengan metode simulasi dan permainan Kokami pada materi sistem peredaran darah. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment yang menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP (A, B, C, D, E, F, G, H, dan I). Sampel penelitian ditentukan secara Convinience Sampling, yaitu kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan siswa secara klasikal pada kelas eksperimen sebesar ≥ 80% yaitu mencapai 81,25% sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 68,25%. Analisis aktivitas siswa pada kelas eksperimen menunjukkan 93,75% siswa dengan kategori aktif dan sangat aktif, sementara pada kelas kontrol sebesar 78,13%. Hasil uji t menunjukkan thitung 3,097 > ttabel 1,6697 dengan taraf signifikan 0,05 sehingga dapat terlihat adanya perbedaan peningkatan hasil belajar kedua kelas. Uji N gain kelas eksperimen 100% dengan kategori sedang sampai tinggi, sementara pada kelas kontrol sebesar 97% dengan kategori sedang sampai tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi Bioedutainment dengan metode simulasi dan permainan Kokami efektif pada materi sistem peredaran darah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bioedutainment, Kokami, Simulasi, Sistem peredaran darah |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Instructional Media L Education > L Education (General) > Learning Model Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QM Human anatomy |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1 |
Depositing User: | handoyo eko perpus |
Date Deposited: | 07 Dec 2017 15:15 |
Last Modified: | 07 Dec 2017 15:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28237 |
Actions (login required)
View Item |