KEEFEKTIFAN TEKNIK QUICK ON THE DRAW TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MUARAREJA 02 KOTA TEGAL
Ida Apriliyani , 1401412272 (2016) KEEFEKTIFAN TEKNIK QUICK ON THE DRAW TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MUARAREJA 02 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (367kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPS di SD masih menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dikarenakan, guru kurang memahami model-model atau teknik pembelajaran yang inovatif dan guru tidak mempunyai informasi mengenai tingkat keefektifan model pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan teknik quick on the draw terhadap minat dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri Muarareja 02 Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group. Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel independen (teknik quick on the draw) dan dependen (minat dan hasil belajar siswa). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Muarareja 02 Kota Tegal yang berjumlah 48 siswa yang terdiri dari 22 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi, angket, dan tes. Instrumen dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara, lembar pengamatan, angket, dan soal-soal tes. Analisis statistik yang digunakan yaitu dengan corected item-total corelation untuk uji validitas dan cronbach’s alpha untuk uji reliablitisas instrumen. Metode lilliefors untuk menguji normalitas data, levene’s test untuk uji homogenitas, dan t test untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 21. Berdasarkan hasil uji hipotesis perbedaan menggunakan independent samples t test, data minat belajar menunjukkan thitung (2,480) > ttabel (2,013) dengan signifikansi 0,017 < 0,05 dan data hasil belajar menunjukkan thitung (4,491) > ttabel (2,013) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Sementara itu, hasil uji hipotesis keefektifan menggunakan one sample t test, data minat belajar menunjukkan thitung (3,392) > ttabel (1,721) dengan signifikansi 0,003 < 0,05 dan data hasil belajar menunjukkan thitung (6,205) > ttabel (1,721) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa teknik quick on the draw efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Penulis menyarankan agar guru dapat menerapkan teknik quick on the draw dalam pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, minat belajar, dan teknik quick on the draw |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 07 May 2019 15:58 |
Last Modified: | 07 May 2019 15:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28229 |
Actions (login required)
View Item |