KEEFEKTIFAN TEKNIK PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI TEMBOKLUWUNG 01 KABUPATEN TEGAL
Aulia Kuntum Arfani , 1401412253 (2016) KEEFEKTIFAN TEKNIK PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI TEMBOKLUWUNG 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (268kB) | Preview |
Abstract
PKn merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Dalam pembelajaran PKn, guru masih menggunakan model konvensional seperti ceramah dan diskusi, sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik dengan pelajaran PKn. Model pembelajaran kooperatif dapat dijadikan alternatif dalam mata pelajaran PKn untuk menciptakan suasana belajar yang berbeda, salah satunya melalui penerapan teknik pembelajaran Quick on The Draw. Teknik pembelajaran Quick on The Draw akan memotivasi siswa untuk aktif dan saling bekerjasama dalam tim agar mencapai hasil belajar yang optimal serta menciptakan pembelajaran yang bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan serta untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V pada materi keputusan bersama antara kelas yang menggunakan teknik pembelajaran Quick on The Draw dengan kelas yang menggunakan metode kovensional berupa ceramah dan diskusi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Tembokluwung 01 Kabupaten Tegal tahun ajaran 2015/2016. Jumlah populasi sebanyak 64 siswa yang terdiri dari 33 siswa di kelas VA dan 31 siswa di kelas V B. Pengambilan sample menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu siswa kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VB sebagai kelompok kontrol. Desain penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design. Analisis statistik yang digunakan yaitu Cronbach’s Alpha untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen. Uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene’s untuk uji homogenitas serta uji t dan uji pihak kanan untuk menguji hipotesis. Semua penghitungan diolah dengan menggunakan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis perbedaan motivasi belajar siswa dengan menggunakan Independent Sample T Test, nilai thitung (2,923) > ttabel (1,999) dengan signifikansi (0,005 < 0,05) dan uji hipotesis keefektifan menggunakan One Sample T Test dengan hasil thitung (3,923) > ttabel (1,694). Adapun hasil penelitian uji hipotesis perbedaan hasil belajar siswa, nilai thitung (2,030) > ttabel (1,999) dengan signifikansi (0,047 < 0,05) dan uji hipotesis keefektifan menggunakan One Sample T Test menghasilkan nilai thitung (2,746) > ttabel (1,694). Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar PKn siswa kelas V pada materi Keputusan Bersama antara kelas yang menggunakan teknik pembelajaran Quick on The Draw dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional berupa ceramah dan diskusi. Selain itu, teknik pembelajaran Quick on The Draw efektif ter
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, motivasi, pembelajaran kooperatif, Quick on The Draw. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 06 Dec 2017 18:50 |
Last Modified: | 06 Dec 2017 18:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28204 |
Actions (login required)
View Item |