EFEKTIVITAS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PEMBUATAN HIASAN BUSANA PADA SISWA SMK SYAFI’I AKROM KOTA PEKALONGAN
Siti Istianah , 5401410155 (2016) EFEKTIVITAS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PEMBUATAN HIASAN BUSANA PADA SISWA SMK SYAFI’I AKROM KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran yang dilakukan di SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan belum mencapai KKM (<75), hal ini disebabkan guru masih menggunakan pendekatan konvensional dengan penyampaian materi menggunakan metode ceramah dan demonstasi, media pembelajaran yang digunakan berbentuk modul, buku atau sumber belajar dari internet. Usaha peningkatan minat belajar siswa yaitu dengan menumbuhkan ketertarikan siswa untuk belajar, salah satunya dapat memanfaatkan multimedia. Kelebihan diantaranya dapat menghilangkan kebosanan siswa karena media yang digunakan lebih bervariasi dan menarik. Tujuan penelitian : (1) mengetahui validitas multimedia pembelajaran pembuatan hiasan busana kelas X di SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan; (2) mengetahui apakah multimedia pembelajaran pembuatan hiasan busana efektif pada siswa kelas X di SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan; (3) mengetahui seberapa besar efektivitas multimedia pembelajaran pembuatan hiasan busana kelas X di SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan Penelitian ini termasuk quasi eksperimen dengan menggunakan One Group Pre-test Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan tata busana SMK Syafi’i Akrom Kota Pekalongan sebesar 40 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dan uji gain. Hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung> ttabel (16,76 > 2,023) yang artinya ada efektivitas penggunaan multimedia pada mata pelajaran menghias busana terhadap hasil belajar siswa. Hasil perhitungan uji gain diperoleh nilai 0.408 yang menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan multimedia masuk dalam kategori sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) Validitas multimedia pembelajaran Pembuatan Hiasan Busana dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam penelitian; (2) Ada efektivitas dalam penggunaan multimedia; (3) Besarnya efektivitas penggunaan multimedia pada Mata Pelajaran Membuat Hiasan Busana masuk dalam kategori sedang. Saran yang terkait penelitian yaitu: (1) Hasil penelitian pada Mata Pelajaran Membuat Hiasan Busana masih ada kekurangan dalam aspek psikomotorik yang kurang optimal, jadi guru sebaiknya perlu meningkatkan media pembelajaran untuk menghindari kejenuhan siswa. (2) Hasil penelitian penggunaan multimedia pada Mata Pelajaran Membuat Hiasan Busana ini dalam aspek keefektifan yang diperoleh kurang maksimal, sehingga dapat dilakukan dengan pengembangan animasi maupun video yang lebih menarik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Multimedia, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Instructional Media |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1 |
Depositing User: | Akhmad Abdul Hakim |
Date Deposited: | 06 Dec 2017 16:47 |
Last Modified: | 06 Dec 2017 16:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28186 |
Actions (login required)
View Item |