FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK MENSTRUAL HYGIENE GENITALIA PADA SISWI SMPLB TUNAGRAHITA DI KOTA SEMARANG TAHUN 2015
Dina Fikriyana Yusuf , 6411412203 (2016) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK MENSTRUAL HYGIENE GENITALIA PADA SISWI SMPLB TUNAGRAHITA DI KOTA SEMARANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Remaja tunagrahita kurang memahami perubahan yang terjadi dalam dirinya, karena keterbatasan kemampuan berpikir dan kurang informasi. Studi pendahuluan di SLB Negeri Semarang menunjukkan 60 % siswi tunagrahita mempunyai pengetahuan yang kurang tentang praktik menstrual hygiene genitalia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan praktik menstrual hygiene genitalia pada siswi SMPLB tunagrahita di Kota Semarang. Penelitian observasional ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan melibatkan 46 sebagai sampel. Analisis dilakukan dengan univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan faktor yang berhubungan dengan praktik menstrual hygiene genitalia pada siswi SMPLB tunagrahita di Kota Semarang adalah pengetahuan (p = 0,021), sikap (p = 0,018), dukungan orang tua (p = 0,041), dan akses informasi (p = 0,009). Sementara itu tidak ada hubungan antara faktor dukungan guru (p = 0,988) dan dukungan teman (p = 1,000). Saran yang diberikan adalah meningkatkan komunikasi kepada remaja tunagrahita tentang mentruasi dan menstrual hygiene genitalia.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menstruasi, Menstrual Hygiene, Remaja, Tunagrahita |
Subjects: | O Sport > Ilmu Keolahragaan O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1 |
Depositing User: | Indah Tri Pujiati |
Date Deposited: | 06 Dec 2017 13:47 |
Last Modified: | 06 Dec 2017 13:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28166 |
Actions (login required)
View Item |