EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TUTORIAL BERBANTUAN KUIS INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA
Zulfa Wafda , 4401411007 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TUTORIAL BERBANTUAN KUIS INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
![]() Preview |
PDF (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TUTORIAL BERBANTUAN KUIS INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA)
- Published Version
Download (560kB) | Preview |
Abstract
Hasil observasi dan wawancara pada pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Pamotan diperoleh informasi bahwa model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Fasilitas multimedia yang cukup lengkap diantaranya 2 laboratorium komputer yang belum dimanfaatkan secara maksimal sebagai sumber belajar siswa. Siswa yang belum memenuhi KKM dengan nilai 75 sebesar 30,56% pada materi sistem gerak manusia Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran tutorial berbantuan kuis interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak manusia di SMA Negeri 1 Pamotan. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pamotan pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Pamotan kelas XI IPA-1 dan XI IPA-3 yang diambil dengan teknik purposive sampling, rancangan penelitian quasy experiment design dengan pola pre-test and post-test group design. Kelas eksperimen diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran tutorial berbantuan kuis interaktif pada materi sistem gerak manusia. Hasil perhitungan N-gain pada kelas XI IPA-1 dan kelas XI IPA-3, menunjukkan > 85 siswa mencapai N-gain > 0,3 dengan kriteia sedang sampai tinggi, dan > 85% siswa hasil belajarnya mencapai nilai >80. Hasil analisis korelasi diketahui bahwa pada kelas XI IPA-1 dan kelas XI IPA-3 rhitung > rtabel, maka terdapat hubungan antara N-gain dan nilai posttest siswa dengan kriteria hubungan sangat kuat. Hasil analisis aspek afektif dan psikomotorik siswa kelas XI IPA-1 dan kelas XI IPA-3 termasuk dalam kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tutorial berbantuan kuis interaktif efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak manusia di SMA Negeri 1 Pamotan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Efektivitas, Hasil Belajar Siswa, Kuis Interaktif, Model Tutorial, Sistem Gerak Manusia. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model O Sport > Physical fitness Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1 |
Depositing User: | handoyo eko perpus |
Date Deposited: | 06 Dec 2017 13:23 |
Last Modified: | 06 Dec 2017 13:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28160 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |