VIRTUAL LABORATORY TOUR DENGAN TEKNOLOGI DEKSTOP VIRTUAL REALITY


Sulthonul Amin , 5302411161 (2016) VIRTUAL LABORATORY TOUR DENGAN TEKNOLOGI DEKSTOP VIRTUAL REALITY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411161.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi dan informasi saat ini sangatlah pesat. Perkembangan itu juga diiringi dengan semakin cepatnya ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama pada bidang teknologi komputer. Teknologi saat ini didukung dengan tampilan-tampilan grafik yang semakin baik dan canggih diantaranya yaitu virtual reality yang mengacu pada konsep dimana semua objek seakan dapat dijelajahi seperti dunia aslinya, dapat berjalan menelusuri ke segala arah, melihat ke segala arah, memutar, dan menjelajahi sekelilingnya. Laboratorium Virtual atau lebih dikenal dengan lab virtual merupakan pengembangan teknologi komputer sebagai suatu bentuk objek multimedia interaktif untuk mensimulasikan laboratorium ke dalam komputer tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan third person controller pada laboratorium virtual tour, mengetahui penilaian ahli, dan penilaian pengguna terhadap laboratorium virtual tour yang dikembangkan. Metode dalam penelitian ini yaitu waterfall, yang mengusulkan alur sistematik secara linear, dengan pendekatan sequensial untuk mengembangkan perangkat lunak. Alur yang diusulkan yaitu communication, planning, modeling, construction, dan deployment. Virtual laboratory tour dengan teknologi desktop virtual reality dibuat menggunakan unity menggunakan bantuan dari blender untuk objek dan animasinya, sedangkan untuk texturing digunakan corel draw dan photoshop. Third Personal Controller digunakan untuk user sehingga bisa berkeliling secara virtual dalam suatu laboratorium yang terlihat nyata (seperti aslinya). Materi yang dipakai pada laboratorium ini adalah tentang sistem jaringan LAN. Pengujian dilakukan berdasarkan pengujian blackbox yang menggunakan tipe uji expected input, illegal entry, dan boundary value analysis menghasilkan aplikasi yang valid. Kemudian dilanjutkan pengujian oleh ahli media menghasilkan aplikasi valid, dan respon pengguna menghasilkan aplikasi layak untuk digunakan. Pengujian yang dilakukan memberikan hasil bahwa aplikasi laboratorium virtual tour dengan teknologi desktop virtual reality menggunakan metode waterfall valid dan layak digunakan. Saran yang diajukan berdasarkan keterbatasan penelitian ini yaitu: (1) dapat dikembangkan menjadi multi-user agar pengguna bisa berinteraksi dengan pengguna lainnya. (2) dapat dikembangkan fitur untuk ringkasan materi pada setiap ruangan (3) dapat dikembangkan praktek langsung atau eksperimen pada ruangan virtual laboratory.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Virtual Laboratory, Virtual Reality, Third Person Controller.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 30 Nov 2017 16:45
Last Modified: 30 Nov 2017 16:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28050

Actions (login required)

View Item View Item