HUBUNGAN MUTU PELAYANAN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS II TAMBAK KABUPATEN BANYUMAS 2015


NUR FAJRI ISTIQOMAH , 6411411123 (2016) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS II TAMBAK KABUPATEN BANYUMAS 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411411123.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mutu pelayanan menunjukan tingkat kesempurnaan suatu pelayanan kesehatan yang akan berdampak pada kesediaan pasien untuk mau menggunakan ulang pelayanan kesehatan tersebut. Puskesmas II Tambak adalah salah satu Puskesmas di Kabupaten Banyumas yang menyediakan pelayanan rawat inap. Pada tahun 2014 jumlah kunjungan pasien rawat inap di Puskesmas II Tambak Kabupaten Banyumas mengalami penurunan cukup signifikan dari tahun sebelumnya. Jenis penelitian ini adalah survey eksplanatory dengan pendekatan cross sectional. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Jumlah sampelnya adalah 50. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan antara mutu pelayanan dimensi reliability (0,037<0,05), dimensi responsiveness (0,006<0,05), dimensi assurance (0,006<0,05), dimensi empathy (0,034<0,05), dimensi tangible (0,003<0,05) dengan minat kunjungan ulang pasien. Kesimpulan penelitian ini ada hubungan mutu pelayanan (reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible) dengan minat kunjungan ulang pasien rawat inap Puskesmas II Tambak 2015. Saran yang dapat diberikan yaitu mempertahankan mutu pelayanan rawat inap Puskesmas II Tambak, mensosialisasikan kepada masyarakat supaya mau memanfaatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas II tambak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan, Rawat Inap, Minat Kunjungan Ulang
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 30 Nov 2017 15:17
Last Modified: 30 Nov 2017 15:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28039

Actions (login required)

View Item View Item