SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN SISWA PENERIMA BEASISWA DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING BERBASIS JAVA DESKTOP APPLICATION


Tantowi Budi Setyawan , 5302411182 (2016) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN SISWA PENERIMA BEASISWA DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING BERBASIS JAVA DESKTOP APPLICATION. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411182.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Sebagai salah satu sekolah kejuruan yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Pedan mendapatkan kuota penerima beasiswa dari pemerintah bagi siswa yang kurang mampu maupun siswa berprestasi. Untuk menentukan siswa penerima beasiswa, pihak SMK N 1 Pedan masih menggunakan cara manual yaitu dengan membandingkan satu persatu siswa calon penerima beasiswa. Hal tersebut menyebabkan proses seleksi memakan banyak waktu dan cenderung terjadi kesalahan karena jumlah data siswa pendaftar beasiswa yang banyak. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem pendukung keputusan untuk membantu pihak sekolah dalam menyeleksi siswa yang layak menerima beasiswa berdasarkan kriteria yang berlaku di SMK N 1 Pedan. Metode yang diterapkan pada sistem adalah metode Simple Additive Weighting (SAW). Sedangkan bahasa pemrograman yang dipakai adalah Java. Dalam membangun sistem pendukung keputusan seleksi beasiswa, digunakan metode pengembangan sistem model waterfall yang memiliki 5 tahapan. Tahapan tersebut meliputi tahap analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan perawatan sistem. Inti dari metode waterfall adalah pengerjaan dari suatu sistem dilakukan secara berurutan atau secara linear. Pengujian sistem dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu pengujian kinerja sistem, pengujian black box, dan uji pengguna. Penelitian ini menghasilkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Siswa Penerima Beasiswa dengan menereapkan metode SAW di dalamnya. Setelah dilakukan pengujian black box pada sistem didapatkan bahwa fungsi-fungsi di dalam SPK Seleksi Beasiswa telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan perancangan yang telah dibuat sebelumnya. Dari hasil pengujian kinerja sistem menyatakan bahwa sistem mampu memberikan perankingan rekomendasi siswa penerima beasiswa dengan baik sesuai dengan kriteria yang digunakan. Hasil dari uji pengguna menyatakan, pengguna dari SPK Seleksi Beasiswa puas dengan kinerja dan fungsionalitas dari sistem ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sistem ini dibangun untuk membantu pihak SMK N 1 Pedan untuk menyeleksi siswa penerima beasiswa dan membantu untuk memanajemen data siswa penerima beasiswa. Metode yang diterapkan dalam sistem mampu memberikan solusi terhadap permasalahan seleksi siswa penerima beasiswa dengan model perankingan yang sesuai dengan kriteria yang berlaku serta bobot dari kriteria tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: beasiswa, SMK N 1 Pedan, sistem pendukung keputusan, SAW, Java, waterfall.
Subjects: T Technology > Information and Computer > Expert System
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 30 Nov 2017 16:51
Last Modified: 30 Nov 2017 16:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28022

Actions (login required)

View Item View Item