KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI PRINSIP DAN MOTIF EKONOMI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BAWEN TAHUN AJARAN 2010/2011
Sri Munawaroh, 3301405136 (2011) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI PRINSIP DAN MOTIF EKONOMI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BAWEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI PRINSIP DAN MOTIF EKONOMI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BAWEN TAHUN AJARAN 2010/2011)
- Published Version
Download (478kB) | Preview |
Abstract
Keefektifan berkaitan dengan terlaksananya tugas pokok, tercapainya tujuan, ketepatan waktu, dan adanya partisipasi aktif dari anggota. Tercapainya tujuan berarti siswa telah tuntas dalam proses pembelajaran. Metode belajar Talking Stick merupakan metode belajar yang mudah di terapkan, melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa ada perbedaan dan mengandung unsur permainan juga diharapkan bisa meningkatkan motivasi siswa untuk lebih giat dalam pembelajaran ekonomi. Dalam penelitian ini di gunakan metode belajar Talking Stick yang mengandung unsur permainan sehingga mendukung siswa belajar lebih aktif dan termotivasi dalam situasi belajar yang santai. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bawen, dan sampel adalah kelas VII B dan VII D. kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dengan metode belajar Talking Stick dan kelas kontrol dengan metode belajar ekspository. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Desain eksperimen dalam penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design Data akhir di olah dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dari uji normalitas di ketahui bahwa kedua kelompok berdistribusi normal, dari uji homogenitas diketahui bahwa tidak ada perbedaan varians antara kedua kelompok, dan dari uji hipotesis diketahui bahwa rata-rata motivasi siswa kelas Talking Stick lebih tinggi dari kelas ekspositori yaitu dengan tingkat motivasi kelas Talking Stick 84,92% dengan kategori Sangat Tinggi sedangkan kelas ekspositori 75,34% masuk kategori Tinggi. Skor tes pemahaman konsep kelas Talking Stick juga lebih tinggi dari kelas ekspositori hal ini di perkuat dengan nilai rata evaluasi. Nilai rata-rata kelas Talking Stick 72,85 sedang rata-rata kelas ekspositori 66,55. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pada kompetensi dasar prinsip dan motif ekonomi kelompok Talking Stick lebih baik dari kelompok ekspository. Dalam penelitian ini disarankan agar guru menggunakan metode pembelajaran Talking Stick karena metode pembelajaran ini efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode balajar Talking Stick, Prinsip dan Motif Ekonomi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 15 Jun 2011 02:35 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2800 |
Actions (login required)
View Item |