Implementasi Fitur Autocomplete dan Algoritma Levenshtein Distance untuk Meningkatkan Efektivitas Pencarian Kata di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)


Khairun Nisa Meiah Ngafidin , 5302411066 (2016) Implementasi Fitur Autocomplete dan Algoritma Levenshtein Distance untuk Meningkatkan Efektivitas Pencarian Kata di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411066.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kamus Besar Bahasa Indonesia saat ini tersedia secara online maupun offline, pencarian kata secara online mengakibatkan proses pencarian yang lama karena basis datanya tersimpan di server online. Sedangkan aplikasi yang offline masih terdapat beberapa aplikasi yang minim fitur pencarian tanpa pengoreksi kata maupun tanpa autocomplete. Dengan ini aplikasi KBBI akan menerapkan fitur autocomplete dan algoritma levenshtein distance pada proses pencarian katanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara mengimplementasikan fitur autocomplete dan algoritma levenshtein distance pada aplikasi KBBI, serta untuk mengetahui efektifivitas penggunaannya. Metode pengembangan software ini menggunakan metode waterfall, yang terdiri dari 5 bagian yaitu definisi kebutuhan, rancangan perangkat lunak dan sistem, implementasi, pengujian, serta operasi dan pemeliharaan. Pengujian aplikasi ini menggunakan metode black box, yaitu : pengujian terhadap kemunculan autocomplete, pengujian terhadap pemberian saran dengan levenshtein distance, serta pengujian terhadap keefektifan fitur autocomplete dan algoritma levenshtein distance sebagai pengoreksi kata. Hasil penelitian pada pengujian fitur autocomplete adalah muncul untuk setiap kata yang dimasukkan dan pada algoritma levenhtein distance saran yang muncul sesuai dengan kata masukkannya. Hasil pengujian efektivitas autocomplete adalah sebesar 84.615 % yang berarti sangat efektif, dan levenshtein distance sebesar 76.04 % yang berarti efektif untuk digunakan di aplikasi KBBI. Fitur autocomplete diimplementasikan pada aplikasi KBBI dengan menambahkan fitur tersebut pada kotak pencarian edittext, serta algoritma levenshtein distance diimplementasikan pada tombol pencarian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Autocomplete, Levenshtein distance, Kamus, Pencarian, KBBI.
Subjects: T Technology > Information and Computer > Expert System
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Nov 2017 19:48
Last Modified: 29 Nov 2017 19:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27940

Actions (login required)

View Item View Item