PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF AKSARA JAWA BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA


Isnaeni , 5302411050 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF AKSARA JAWA BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411050.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Aksara Jawa dianggap sulit bagi siswa, karena terlalu rumitnya mata pelajaran bahasa Jawa dan juga kurang terbiasanya mereka untuk membaca tulisan-tulisan dalam bentuk aksara Jawa. Selain itu penggunaan media yang terkesan seadanya membuat siswa belum mampu memahami materi aksara Jawa dengan baik. Cara yang ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan menerapkan media pembelajaran aksara Jawa berbasis flash. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana membuat media pembelajaran aksara Jawa, bagaimana kelayakan media pembelajaran aksara Jawa, bagaimana implementasi media pembelajaran aksara Jawa dan bagaimana efektivitas media pembelajaran aksara Jawa berbasis flash pada mata pelajaran bahasa Jawa. Tujuan penelitian ini untuk membuat media pembelajaran aksara Jawa, mengetahui kelayakan media pembelajaran aksara Jawa, mengetahui implementasi media pembelajaran aksara Jawa dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran aksara Jawa berbasis flash pada mata pelajaran bahasa Jawa bagi siswa kelas V SD Negeri Sekaran 02. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) desain penelitian one-shot. Metode Research and Development digunakan untuk menghasilkan produk tertentu serta menguji keefektifannya. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sekaran 02. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa dokumentasi, angket, dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan menggunakan metode deskriptif persentase dan perhitungan gain. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pengguna sebelum menggunakan media pembelajaran aksara Jawa sebesar 47,91 dan setelah menggunakan media pembelajaran aksara Jawa diperoleh nilai rata-rata sebesar 79,79. Untuk peningkatan pemahaman materi pada siswa dihasilkan nilai gain rata-rata 0,61 yang termasuk dalam kategori “sedang”. Pengujian media pembelajaran pada expert judgement menghasilkan persentase 86,25% dan 85% untuk masing-masing ahli media dan materi yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran aksara Jawa yang dibuat menggunakan Adobe Flash CS3, layak guna menunjang pembelajaran bahasa Jawa dan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V SD Negeri Sekaran 02.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aksara Jawa, Media Pembelajaran, Flash.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Nov 2017 19:19
Last Modified: 29 Nov 2017 19:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27938

Actions (login required)

View Item View Item