Visualisasi dan Simulasi Fisika Matematika I dengan Aplikasi Program Maple Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir dalam Pemahaman Makna Fisis Mahasiswa Semester III Fisika FMIPA Unnes


Ary Setyani , 4201401013 (2006) Visualisasi dan Simulasi Fisika Matematika I dengan Aplikasi Program Maple Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir dalam Pemahaman Makna Fisis Mahasiswa Semester III Fisika FMIPA Unnes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Visualisasi dan Simulasi Fisika Matematika I dengan Aplikasi Program Maple Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir dalam Pemahaman Makna Fisis Mahasiswa Semester III Fisika FMIPA Unnes]
Preview
PDF (Visualisasi dan Simulasi Fisika Matematika I dengan Aplikasi Program Maple Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir dalam Pemahaman Makna Fisis Mahasiswa Semester III Fisika FMIPA Unnes) - Published Version
Download (432kB) | Preview
[thumbnail of 1580.pdf]
Preview
PDF
Download (904kB) | Preview

Abstract

Pebelajaran Fisika Matematika memberikan dasar-dasar penguasaan metode Matematika yang digunakan dalam membahas gejala fisis alam. Pada dasarnya, setiap permasalahan atau fenomena dapat diekspresikan secara matematis yang merupakan suatu model matematik dari masalah tersebut, sehingga dengan model matematik ini dapat dipelajari perilaku permasalahannya. Pemodelan gejala fisika yang tergambar dalam persamaan matematis itu, kadang menimbulkan kesulitan bagi mahasiswa untuk bisa melihat dan memberi makna fisis dari fenomena alam yang sesungguhnya terjadi. Melalui penelitian ini akan dikaji apakah dengan visualisasi dengan menggunakan aplikasi program Maple dapat meningkatkan kemampuan berpikir dalam pemahaman makna fisis mahasiswa Fisika semester III pada perkuliahan Fisika Matematika I. Khususnya pokok bahasan Persamaan Differensial Biasa Penelitian ini merupakan kerjasama antara dosen mata kuliah Fisika Matematika I dengan peneliti yang dilakukan dengan melaksanakan penelitian seperti penelitian tindakan kelas yang bersifat remidial dalam tiga siklus, dengan tahapan pada masing-masing siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan di laboratorium komputasi Fisika dengan subyek penelitian adalah mahasiswa semester III prodi Pendidikan Fisika FMIPA Unnes yang mengikuti remidi Fisika Matematika I dengan jumlah mahasiswa 19 orang yang terdiri dari 14 mahasiswa putra dan 5 mahasiswa putri. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran dan pengajaran Fisika Matematika I dengan visualisasi menggunakan aplikasi program Maple dapat meningkatkan kemampuan berpikir dalam pemahaman makna fisis mahasiswa Fisika semester III yang disertai peningkatan hasil belajarnya. Adapun besarnya kemampuan tersebut adalah 60 % pada siklus 1, 72% pada siklus 2 dan 88% pada siklus 3, dengan hasil belajar pada siklus 1 nilai rata-rata test mahasiswa sebesar 54. 62 pada siklus 2. dan 78 pada siklus 3 . Aspek yang ditekankan dalam penelitian ini yaitu kemampuan mahasiswa untuk merepresentasikan persamaan matematis dalam bentuk grafik besarnya adalah 65% pada siklus 1, 70% pada siklus 2 dan 85 % pada siklus 3. Dan kemampuan mahasiswa untuk memberikan makna fisis pada hasil visualisasi grafik adalah 60% pada siklus 1, 53% pada siklus 2 dan 72% pada siklus 3. Dengan minat mahasiswa yang besar (94%) dapat dijadikan indikator bahwa inovasi dalam strategi pembelajaran dapat diterima dengan baik sehingga pengajaran dengan menggunakan aplikasi program Maple dapat dijadikan sebagai suplemen bagi mata kuliah yang lain seperti mata kuliah listrik magnet, fisika kuantum, dan mekanika untuk mengembangkan kemampuan berpikir mahasiswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir, maple, grafik, makna fisis
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Jun 2011 00:52
Last Modified: 25 Apr 2015 04:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2792

Actions (login required)

View Item View Item